Satu diantara kegiatan pembangunan yang terus diupayakan dan ditingkatkan adalah pembangunan dibidang SDM. Ini antara lain melalui kegiatan pramuka. Bahkan dalam kurikulum Tahun 2013 ditegaskan, kegiatan pramuka wajib sebagai kegiatan ekstrakurikuler. Untuk itu  dengan semangat Gotong Royong (Segoro),  diharapkan membangun generasi muda yang berkualitas.Demikian sambutan Bupati Blitar dalam Upacara Pelantikan Pengurus Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Blitar Periode 2013-2018, Rabu (22/5) di Pendopo Kabupaten Blitar.

Lebih lanjut orang nomor satu di Kabupaten Blitar ini mengungkapkan,sesuai dengan UU No.12 Tahun 2010 sebagai landasan hukum bagi gerakan pramuka, pembinaan gerakan pramuka dialokasikan penganggarannya dalam APBD Tahun 2013. Ini bukti serius bahwa memang gerakan pramuka mempunyai andil dalam upaya pembentukan kepribadian generasi muda, sehingga memiliki pengendalian diri dan kecakapan hidup untuk mengahadapi segala tuntutan perubahan kehidupan. Inii diperlukan jiwa kepimpinan yang berkomitmen tinggi dan ikhlas serta mau memberikan perhatian khusus demi mewujudkan kader bangsa yang tangguh serta berwawasan kuat.

Dihadapan sekitar 80 pengurus yang baru saja dilantik, Majelis Pembimbing yang juga Bupati Blitar juga berharap, dengan telah tersusunnya kepengurusan yang baru saja dilantik, maka kegiatan Pramuka di Kabupaten Blitar akan semakin maju. Bahkan Bupati juga mengaku bangga dengan terselenggaranya berbagai kegiatan tahun lalu diantaranya perkemahan bakti husada, gerak jalan Bakung-Lodoyo dan kegiatan lainnya. Majelis Pembimbing juga mendukung rencana pengurus yang baru untuk membentuk Brigade Penolong karena dengan kondisi alam Kabupaten Blitar, maka kehadiran Brigade Penolong sangatlah tepat diperlukan oleh masyarakat.

Diakhir sambutannya, Majelis Pembimbing  berpesan, pengurus yang baru agar dapat membangun harmonisasi kegiatan yang lebih baik, edukatif sesaui harapan masyarakat, mampu mentransformasikan program-program yang lebih menantang dan inovatif, tetap kuat, kokoh, tegas menjawab semua tugas dan fungsi Gerakan Pramuka.

Pelantikan kepada sekitar 80 pengurus tersebut, sesuai dengan Keputusan Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Jawa Timur Nomor.46 Tahun 2013. Pelantikan itu ditandai dengan penyematan tanda jabatan dari  Ketua Majelis Pembimbing  yakni Bupati Blitar H. Herry Noegroho kepada Ketua Pengurus Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Blitar, H. Rijanto (Wakil Bupati Blitar). Dalam kesempatan itu juga dilantik  Pengurus Lembaga Keuangan Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Blitar. Sesuai dengan SK No.47 Tahun 2013 tanggal 5 April 2013 Ketua baru yang menjabat periode 2013 -2018 yakni Dra. Tuti Komariati. Sedangkan pengurus  Kwartir Cabang Gerakan Pramuka 2013-2018  dengan Ketua  H. Rijanto ( Wakil Bupati Blitar), Waka Bidang Binawasa Romelan (Kepala Dinas Pendidikan), Waka Bidang Binamuda Heru Pujiono ( Sekretaris Dinas Pendidikan) dan Waka Bidang Keuangan dan Usaha A. Lazim (Inspektur Kabupaten Blitar). (humas)