Puluhan jenis produk olahan seperti, makanan, pakaian, hasil pertanian, dan Kerajinan karya Tim Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) kabupaten/kota di Jawa Timur, memeriahkan puncak peringatan Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) ke-X dan Hari Kesatuan Gerakan (HKG) PKK ke-41 Provinsi Jawa Timur 2013.
Kepala Bapemas Kabupaten Blitar, Agus Budi Handoko, di lokasi Pameran Produk Kreatif di Lapangan Kanigoro Kabupaten Blitar mengatakan, tema BBGRM tahun ini adalah “Bangkitkan Semangat Gotong Royong Melalui Gerakan Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga Menuju Masyarakat Mandiri Sejahtera”. Tema ini dinilai sangat tepat karena sesuai dengan semangat masyarakat Jatim.
Melalui cara ini, Pemprov Melalui kabupaten/kota terus melakukan gerakan pemberdayaan dan peningkatan ekonomi kreatif masyarakat, sehingga karya atau hasil produksinya bisa bersaing dengan produk industri besar dari luar Jatim. “Kami di Kabupaten Blitar terus mendorong masyarakat agar mau berkreasi meningkatkan keterampilan tentunya melalu PKK atau LSM, harapanya kedepan semakin banyak industri kreatif yang muncul,” terangnya.
Menurutnya, pameran Produk Kreatif diikuti oleh semua kabupaten/Kota di Jatim, SKPD Provinsi Jawa Timur, dan UKM Kab. Blitar, serta melibatkan beberapa komunitas di antaranya komunitas pecinta keris, photografi dan pertuni. “Pameran ini akan berlangsung lima hari 15-20 Mei 2013 kami berharap, masyarakat bisa datang dan mengunjungi stan syukur-syukur bisa belanja,” katanya. Untuk diketahui puncak BBGRM 2013 dihadiri lebih dari 5000 undangan dari unsur, masyarakat, tokoh agama budayawan, Muspida Kabupaten dan kota Blitar, serta Provinsi Jatim. (hjr,sti)

Sumber: kominfo.jatimprov.go.id & Dishubkominfo Kab. Blitar