Kepala Dinas Peternakan Kabupaten Blitar, Mashudi mengungkapkan, Pasar Hewan Wlingi akan diresmikan pada 15 Juni mendatang. Menurutnya Pasar Hewan yang ada di Wlingi saat ini sudah siap untuk dioperasionalkan. Yang akan diawali dengan kontes dan pameran hewan berskala Jawa Timur mulai 10 s/d 12 Juni 2013. Saat ini persiapan-persiapan sudah dilakukan, diantaranya dengan melakukan koordinasi bersama pihak-pihak terkait. Lebih jauh Mashudi mengungkapkan, untuk pasar hewan, ditetapkan selama 3 hari dalam satu minggu yaitu hari Selasa, Kamis, dan Sabtu.
Dengan ditempatinya Pasar Hewan yang baru sekaligus juga akan dilakukan relokasi pasar hewan yang lama mengingat kondisinya sudah tidak memungkinkan, dimana Pasar Hewan di Wlingi yang sudah ada masih bersifat tradisional. Sehingga setelah direlokasi ke pasar hewan yang baru di Wlingi, maka pasar hewan tersebut akan lebih modern. Pasalnya selain lokasinya lebih luas, juga telah di siapkan fasilitas pendukung seperti alat pengukur berat badan serta alat untuk pendeteksi sapi yang akan dijual bunting atau tidak.
Mashudi menargetkan, pasar hewan wlingi bisa meningkatkan usah ternak yang ada di Kabupaten Blitar. Karena dengan memiliki pasar hewan sendiri maka semakin membuka akses pedagang dari luar Blitar. Sebagaimana diketahui, bahwa Pembangunan Pasar Hewan Wlingi dengan luasan lahan sekitar 3,2 Hektar ini menggunakan anggaran dari Provinsi sebesar Rp. 5,4 Milyard.
Selain Pasar Hewan Wlingi, terdapat Pasar Hewan lainnya di Kabupaten Blitar yang belum lama ini dioperasionalkan, yaitu Pasar Hewan Srengat, dimana pasar hewan yang dibangun di atas lahan 2 Hektar dengan anggaran Rp. 4 Milyard itu menggunakan pasaran hewan Wage. Menurut Mashudi, respon masyarakat sekitar terutama para peternak cukup bagus. Untuk itu, Pemerintah Kabupaten Blitar akan terus melakukan upaya agar pasar hewan yang ada di Srengat juga mendatangkan pedagang dari luar Blitar. (IR-Dishubkominfo)