Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) Online telah dibuka sejak 1 Juli 2013 mendatang. Melalui mekanisme online tersebut, siswa tidak lagi harus menunggu pengumuman hasil seleksi di sekolah, tetapi cukup dengan mengakses situs yang telah disediakan. Kasi Kesiswaan Dinas Pendidikan Kab. Blitar, Sugito mengungkapkan, “PPDB Online akan berakhir pada 6 Juli 2013 mendatang. Selama rentang waktu tersebut, siswa bisa memantau hasil seleksi dengan cukup mengakses situs PPDB Online”.
Meski memantau hasil pendaftaran melalui sistem online, namun siswa tetap harus memasukkan berkas pendaftaran ke sekolah yang diinginkan. Hal ini dikarenakan banyaknya komponen yang dinilai, antara lain Nilai UASBN, Nilai Ujian Nasional, Prestasi Akademik/Nonakademik, domisili siswa, Sertifikat Tes Baca dan atau Tulis Al-Qur’an/Kitab Suci, dan bagi sekolah tertentu ada penambahan nilai dari Tes Kemampuan Akademik (TKA) untuk bidang Studi Matematika dan Bahasa Indonesia, lanjut Sugito.
Dengan sistem online tersebut, siswa juga bisa melihat informasi jadwal pendaftaran, lokasi sekolah, alur pendaftaran, dan pagu siswa. Tahun ini Dinas Pendidikan Kab. Blitar menyediakan pagu siswa, untuk tingkat SMP sebanyak 6.199 siswa dan untuk tingkat SMA sebanyak 1.155 siswa. (IM-Dishubkominfo)