SEKRETARIAT DAERAH KABUPATEN BLITAR

BAGIAN PEMERINTAHAN

Jl. Sudanco Supriyadi No. 17 Tlp. (0342) 801201 E-Mail : bagian.pemerintahan@blitarkab.go.id


 

Kepala Bagian : SUHENDRO WINARSO, S.Stp, MSi.
Pangkat / Gol. : Pembina / IVa
NIP. : 19760525 199511 1 001
Alamat Rumah :

Profil-Lengkap-Bagian-Pemerintahan
Profil Lengkap Bagian Pemerintahan

VISI                 :    Terciptanya Pemerintahan yang kuat dan terpadu

MISI                :    1. Meningkatkan Penyelenggaraan pemerintahan

                            2. Meningkatkan peran fasilitasi pelayanan publik

TUPOKSI        :

Bagian Pemerintahan mempunyai tugas melaksanakan penyusunan program dan petunjuk teknis pembinaan dalam rangka pemberdayaan penyelenggaraan tata pemerintahan umum, pembinaan perangkat kecamatan, fasilitas pertahanan, pengembangan dan penyelenggaraan otonomi daerah, kerjasama daerah dan pembinaan pemerintah daerah.

Bagian Pemerintahan mempunyai fungsi :

  1. Pengumpulan, pengolahan dan pengsistematisan data pelaksanaan penyelenggaran pemerintahan sebagai bahan pembinaan ;
  2. Penyusunan rencana program kerja dan penyusunan pedoman / petunjuk teknis prasarana fisik pemerintahan ;
  3. Penyusunan bahan data dan serta perumusan kebijakan dalam rangka penyelenggaraan dan pengembangan contoh otonomi daerah ;
  4. Pengkoordinasian penyusunan program kerja sama daerah dalam rangka pengembangan otonomi daerah ;
  5. Pelaksanaan pemantauan dan pengevaluasian pelaksanaan program kerja pembangunan dibidang pemerintahan umum ;
  6. Pelaksanaan koordinasi dan penyusunan bahan kebijakan Bupati dalam penanganan administrasi pertahanan dan keagrariaan ;
  7. Pelaksanaan koordinasi dan penyusunan bahan data serta perumusan kebijakan dalam rangka pembinaan dan pengawasan pemerintahan desa ;
  8. Pelaksanaan tugas – tugas lain yang diberikan oleh Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat.

Bagian Pemerintahan memiliki berberapa Sub Bagian yang terdiri dari :

  1. Sub Bagian Pemerintahan Umum dan Fasilitasi Pertahanan, mempunyai fungsi :

     

     

     

    • Pengumpulan dan penganalisaan data dalam rangka perumusan penyusunan program dan petunjuk teknis pembinaan penyelenggaraan pemerintahan umum;
    • Pengumpulan, pengelolaan dan pensistematisasian data tentang penyelenggaraan pemerintahan;
    • Pengkoordinasian dalam penyusunan pedoman dan petunjuk teknis sebagai bahan acuan untuk perumusan kebijakan Bupati dalam penanganan administrasi petanahan dan keagrarian;
    • Pengkoordinasian dan fasilitasi dalam penyediaan tanah untuk kepentingan umum dan pembangunan;
    • Pengkoordinasian dan fasilitasi dalam penyelesaian ganti rugi tanah yang diperuntukan untuk kepentingan umum dan pembangunan;
    • Pengkoordinasian dan fasilitasi dalam penyelesaian sengketa tanah;
    • Perkumpulan dan pengolahan data guna perumusan kebijakan dalam rangka pelaksanaan kebijakan pembinaan, sosialisasi, observasi dan pengkajian penataan daerah;
    • Pelaksanaan tugas – tugas lain yang diberikan oleh kepala bagian pemerintahan.
  2. Sub Bagian Pengembangan Otonomi dan Kerja Sama Daerah, mempunyai fungsi :
  • Pengumpulan dan penganalisaan data dalam rangka perumusan penyusunan program dan petunjuk teknis pembinaan penyelenggaraan otonomi dan kerja sama daerah;
  • Pengumpulan bahan dan data guna inventarisasi kewenangan pengakuan dan pelaksanaan kewenangan;
  • Pengkoordinasian dan fasilitasi Asosiasi/Badan Kerja Sama Daerah;
  • Pengumpulan dan penganalisaan data sebagai bahan penyusunan Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (LPPD);
  • Pengumpulan dan penganalisaan data dalam rangka penyusunan pedoman dan petunjuk teknis Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Bupati;
  • Penyiapan pembentukan kecamatan baru, penghapusan, perubahan batas, perubahan nama wilayah kecamatan serta pemindahan dan perubahan nama ibu kota wilayah kecamatan;
  • Pelaksanaan penyiapan data secara administratif tentang kegiatan pelaksanaan pencalonan, pengangkatan dan pemberhentian Bupati dan Sekretaris Daerah;
  • Pengumpulan dan penganalisaan data dalam rangka perumusan kebijakan, penyusunan program dan petunjuk teknis sebagai bahan pembinaan perangkat kecamatan;
  • Pelaksanaan tugas – tugas lain yang diberikan oleh Kepala Bagian Pemerintah.
  • Pengumpulan bahan guna penyusunan pedoman dan petunjuk teknis pembinaan dan fasilitasi penyelenggaraan pemerintahan desa ;
  • Penyiapan bahan koordinasi dan fasilitasi lembaga – lembaga keswadayaan atau perikatan lain yang terkait dengan kelangsungan penyelenggaraan pemerintahan desa ;
  • Pengumpulan bahan penyusunan pedoman dan petunjuk teknis pembinaan keuangan, kekayaan dan pendapatan Desa / Kelurahan ;
  • Penyiapan bahan penyusunan pedoman dan petunjuk teknis Pemecahan, penggabungan dan pemekaraan desa ;
  • Pengumpulan bahan penyusunan pedoman dan petunjuk teknis pembinaan peningkatan sumber pendapatan Desa / Kelurahan ;
  • Pengumpulan bahan penyusunan pedoman dan petunjuk teknis pembinaan dalam rangka peningkatan pengamanan, penertiban dan inventarisasi kekayaan Desa / Kelurahan ;
  • Pengumpulan bahan penyusunan pedoman dan petunjuk teknis pembinaan administrasi dan perangkat desa ;
  • Pengumpulan bahan penyusunan pedoman dan petunjuk teknis pembinaan dan peningkatan Aparatur Pemerintahan Desa;
  • Pelaksanaan tugas – tugas lain yang diberikan oleh Kepala Bagian Pemerintahan.

3. Sub Bagian Administrasi Pemerintahan Desa/Kelurahan, mempunyai fungsi :

  • Pengumpulan bahan guna penyusunan pedoman dan petunjuk teknis pembinaan dan fasilitasi penyelenggaraan pemerintahan desa ;
  • Penyiapan bahan koordinasi dan fasilitasi lembaga – lembaga keswadayaan atau perikatan lain yang terkait dengan kelangsungan penyelenggaraan pemerintahan desa ;
  • Pengumpulan bahan penyusunan pedoman dan petunjuk teknis pembinaan keuangan, kekayaan dan pendapatan Desa / Kelurahan ;
  • Penyiapan bahan penyusunan pedoman dan petunjuk teknis Pemecahan, penggabungan dan pemekaraan desa ;
  • Pengumpulan bahan penyusunan pedoman dan petunjuk teknis pembinaan peningkatan sumber pendapatan Desa / Kelurahan ;
  • Pengumpulan bahan penyusunan pedoman dan petunjuk teknis pembinaan dalam rangka peningkatan pengamanan, penertiban dan inventarisasi kekayaan Desa / Kelurahan ;
  • Pengumpulan bahan penyusunan pedoman dan petunjuk teknis pembinaan administrasi dan perangkat desa ;
  • Pengumpulan bahan penyusunan pedoman dan petunjuk teknis pembinaan dan peningkatan Aparatur Pemerintahan Desa;
  • Pelaksanaan tugas – tugas lain yang diberikan oleh Kepala Bagian Pemerintahan.