Kualitas penyelenggaraan pemerintahan  dan pelayanan kepada masyarakat perlu senantiasa dilakukan perubahan, perbaikan kinerja disemua aspek, sehingga mewujudkan Kabupaten Blitar kedepan yang lebih bermartabat. Ini bisa direalisasikan satu diantaranya melalui Diklat Kepemimpinan IV. Pasalnya, diklat ini merupakan pengembangan kapasitas yang diperuntukkan bagi PNS yang telah menduduki Jabatan Struktural IV. Mengingat mereka berhadapan langsung dengan kegiatan operasional.

Demikian ungkapan Bupati Blitar, H. Herry Noegroho melalui sambutannya pada upacara pembukaan Diklat Kepemimpinan Tingkat IV Angkatan 488 Tahun 2013 Provinsi Jawa Timur  di Kabupaten Blitar, Kamis (22/8), yang dibacakan oleh Asisten Pemerintahan dan Kesra, Ec. Achmad Husein. Dalam sambutan tersebut, Bupati Blitar juga menegaskan, Diklatpim IV  merupakan sesuatu yang sangat diperlukan oleh PNS Eselon IV guna membekali  diri dengan keterampilan, wawasan serta kemampuan manajerial yang diperlukan bagi setiap pimpinan.

Sebagai Pejabat Eselon IV, para peserta diklat tersebut juga diharapkan dapat menjabarkan kebijakan organisasi kedalam kegiatan operasional. Dengan demikian memiliki peran dan tanggung jawab yang tidak ringan. Sukses organisasi akan diukur dari output yang tercapai melalui sub unit yang dipimpin oleh pejabat tersebut. Orang nomor satu di Kabupaten Blitar ini juga mengingatkan, agar para peserta diklat memahmi visi dan misi organisasi, membangun kepercayaan, image positif, mampu berpikir sistematik serta mempunyai kemampuan membangun jaringan kerja (networking) baik pada intern sub unit kerja maupun sub unit kerja yang lain.

Hal senada juga diungkapkan Kepala Bidang Diklat Teknis Jawa Timur, Drs. Slamet Supriyono, MSi. Dalam sambutannya ditegaskan, Diklatpim ini sebagai upaya untuk memperkaya diri dengan berbagai ilmu, pengalaman dan berinterkasi. Para peserta juga harus siap untuk bisa ikut andil dalam era globalisasi. Kompetensi harus benar-benar ditingkatkan. Karena kedepan sebuah organisasi memerlukan orang-orang berkompeten. Untuk itu, peningkatan kompetensi aparatur merupakan upaya sistematis yang dilakukan secara berkesinambungan dalam rangka mencetak aparatur yang cerdas dan tangguh.

Sebelumnya, Kepala Badan Kepegawaian Kabupaten Blitar, Drs. Totok Subihandono, M.Si melaporkan, dasar pelaksanaan diklat tersebut diantaranya berdasarkan Keputusan Kepala LAN, 10 Agustus 2001 NO; 541/XIII/10/2001 tantang pedoman penyelenggaraan Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan Tingkat IV. Tujuannya, meningkatkan pengetahuan, keahlian, ketrampilan, dan sikap untuk dapat  melaksanakan tugas jabatan secara profesional.

Diklatpim IV Angkatan 488 Tahun 2013 yang di laksanakan di Local Education Centre (LEC) Pojok Garum tersebut diikuti oleh 40 peserta . 30 peserta dari Badan/Dinas, 4 orang dari kecamatan, 6 peserta dari Kelurahan. Ini terdiri dari 20 orang laki-laki dan 20 orang perempuan. Kegiatan tersebut berlangsung dari 22 Agustus sampai 25 September 2013. (humas)