SEKRETARIAT DAERAH KABUPATEN BLITAR
BAGIAN HUMAS DAN PROTOKOL
Jl. Sudanco Supriyadi  No. 17 Telp. (0342) 808061
B L I T A R


PERS RELEASE
Nomor : 489/      /409.018/ 2013

KADIS – OPS Lanud Iswahyudi Madiun Buka TMMD Ke- 91, 
Desa Slorok Kecamatan Garum Kabupaten Blitar

[pdf-embedder url="http://ppid.blitarkab.go.id/wp-content/uploads/2013/10/Tmmd-240x200.jpg">Tmmd-240x200

Kepala Dinas Operasi Lanud Iswahyudi Madiun Kolonel Penerbang Djoko Hadi Purwanto SE,  pada Rabu (09/10) membuka pelaksanaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-91 tahun 2013 yang bertempat di Lapangan Ds. Sidodadi Kec. Garum Kab. Blitar, namun sebelumnya atraksi SH Teratai Ranting Sidodadi unjuk kebolehan sebelum acara upacara pembukaan TMMD dimulai,  dengan menyajikan beberapa atraksi yang menarik diantaranya memecah besi baja, batu es, tidur diatas paku tajam yang berdiri tegak dan gerakan2 silat lainnya.   

Sambutan Kasad Jenderal TNI Budiman yang dibacakan Kepala Dinas Operasi Lanud Iswahyudi Madiun mengharapkan bahwa Program TMMD ini diharapkan dapat mewadahi aspirasi dan kepentingan masyarakat di daerah mengingat proses perencanaannya selalu diawali dengan melibatkan berbagai instansi dan masyarakat serta disusun secara bottom and planing.

Dalam pelaksanaan TMMD sasaran fisik yang menjadi prioritas adalah daerah miskin tertinggal, daerah terisolir, terpencil, daerah perbatasan pulau terdepan, daerah kumuh perkotaan, daerah terkena bencana alam dan daerah rawan konflik. Penentuan daerah sasaran tersebut diharapkan dapat mempercepat pembangunan di daerah sehingga berbagai ketertinggalan yang ada dapat terselesaikan dengan baik.

Sedangkan kegiatan Non Fisik diarahkan untuk meningkatkan wawasan dan semangat kebangsaan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, serta menumbuhkan kesadaran bela negara. Sehingga terwujud masyarakat yang berkualitas dan memiliki ketahanan wilayah yang tangguh dalam menghadadpi setiap permasalahan dan persoalan bangsa yang semakin kompleks dewasa ini.        

 Untuk TMMD ke-91 di wilayah Korem 081 kali ini selain di Kab. Blitar juga dilaksanakan di Kab. Pacitan dengan sasaran utama merehabilitasi rumah keluarga miskin, pembangunan jalan lingkungan, saluran drainase, plengsengan jaringan irigasi, serta pembangunan non fisik yang meliputi penyuluhan wawasan kebangsaan serta pengobatan gratis.

Lebih lanjut di katakan oleh Kepala Dinas Operasi Lanud Iswahyudi Madiun Kolonel Penerbang Djoko Hadi Purwanto SE, manunggalnya masyarakat dengan aparat keamanan dapat mencegah adanya aksi terorisme. “TMMD yang dilakukan selama 21 hari, bisa juga dijadikan untuk membangun  sinergitas antara TNI dan rakyat guna menciptakan deteksi dini terhadap gerakan teroris yang saat sedang marak, serta mewujudkan ketahanan wilayah yang tangguh,” tandasnya.

Dalam Program TMMD ini Angkatan Darat bekerjasama dengan kemenpora mempunyai program unggulan yaitu pemuda sarjana penggerak pembangunan pedesaan. Pengiriman 1000 sarjana masuk desa telah dilatih khusus untuk menyukseskan program TMMD, keterlibatan sarjana pada TMMD ini dapat berperan sebagai motivator sekaligus pelopor pembangunan yang ada didaerah sesuai visi pemerintah dalam pembangunan 2005 – 2025 yaitu Indonesia yang mandiri, maju, adil jujur dan makmur.    

Pesan Kasad dalam rangkaian kegiatan TMMD ini menyampaikan bahwa Pertama, laksanakan TMMD ini secara profesional, dengan memperhatikan keiklasan dan tanggung jawab dengan selalu mengutamakan faktor keamanan, kewaspadaan dan kesiapsiagaan. Kedua, Hormati dan pahami adat istiadat daerah setempat,  Ketiga,  jadilah contoh menjadi sumber inspirasi dan motivasi bagi masyarakat dalam membangun daerahnya, Keempat, Bangun soliditas dan sinergitas yang kokoh antar prajurit TNI Polri, Pemda, para Sarjana, komponen masyarakat untuk mengoptimalkan kegiatan TMMD, Kelima manfaatkan segala dukungan secara maksimal agar penyelenggaraan TMMD dapat sesuai dengan tujuan yang diharapkan.

Pada pembukaan TMMD – 91 tersebut, Kadis Operasional  Lanud Iswahyudi secara simbolis menyerahkan peralatan TMMD berupa cangkul dan sekop kepada masing-masing perwakilan, setelah upacara selesai Forpimda Blitar beserta unsure-unsur pimpinan TNI/Polri  melaksanakan penanaman pohon Apukat disekitar lapangan Sidodadi untuk penghijauan. (Her)

 

Dikeluarkan di     : Blitar

Pada Tanggal      : 09 Oktober 2013






Kepala Bagian Humas dan Protokol



JONI SETIAWAN, S.Sos,  MSi
Pembina
NIP.  19690611 198809 1 001