Blitar – Pasca erupsi Gunung Kelud, banjir lahar dingin mengancam warga di sekitar Gunung Kelud, tidak terkecuali di wilayah Kabupaten Blitar. Untuk memastikan Jembatan dan Sabo Check Dam aman, Kepala Dinas PU Bina Marga Kabupaten Blitar, Harpyanto Nugroho pada Rabu (19/2) siang melakukan pengecekan secara langsung kelapangan.

Dari hasil pantaun dilapangan, dipastikan sabo check dam dan jembatan dalam kondisi aman jika terjadi lahar dingin yang membawa material hasil erupsi Gunung Kelud. Termasuk diantaranya Jembatan Krisik Gandusari yang sebelumnya diinformasikan putus. Setelah dicek, kondisinya baik meski ada sedikit peningkatan volume air.

Lebih jauh, Harpyanto meminta kepada warga agar lebih berhati-hati saat melintasi jembatan maupun sabo check dam, terutama pada saat hujan turun. Selain sabo check dam, terdapat beberapa jembatan yang perlu di waspadai di Kali Lekso, Kali Semut Wlingi, Kali Jari dan Kali Putih Talun, Kali Glondong Kanigoro, dan Kali Bladak Nglegok. (IR-Dishubkominfo)