Blitar РHingga Senin, 17 Februari 2013, masih terdapat sebagian sekolah yang masuk Kawasan Rawan Bencana (KRB) Kelud diliburkan. Berdasarkan data Dinas Pendidikan Kabupaten Blitar, terdapat 95 lembaga sekolah yang termasuk KRB di 3 kecamatan, yakni di Kecamatan Nglegok,  Gandusari, dan Garum. 95 lembaga sekolah tersebut terdiri dari 86 lembaga SD, 6 lembaga SMP, 1 SMA, dan 2 SMK.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Blitar, Romelan mengatakan, dari puluhan sekolah yang masuk KRB tersebut baru sebagian yang sudah efektif mengikuti pembelajaran, khususnya untuk siswa yang akan menghadapi UNAS. Namun demikian, masih terdapat beberapa lembaga sekolah yang diliburkan karena gedung tempat siswa belajar masih dipenuhi material letusan Gunung Kelud.

Berdasarkan laporan yang diterima Dinas Pendidikan, terdapat 11 sekolah yang berjarak 10 km dari puncak Kelud mengalami kerusakan. Mayoritas kerusakan pada atap sekolah karena tertimpa material letusan Gunung Kelud. Lanjuut  Romelan, jika kondisi sekolah sudah kembali normal, dimungkinkan Kamis (20/2) depan, siswa sudah dapat masuk dan mengikuti kegiatan belajar. (IM-Dishubkominfo)