Blitar – Penilaian Tahap Pertama (P1) Adipura telah dilalui Pemkab. Blitar sejak beberapa bulan lalu. Berdasarkan hasil penilaian tim penilai Adipura, Kabupaten Blitar mendapatkan total nilai 75,14. Nilai tersebut diperoleh dari hasil penilaian secara keseluruhan atas 14 indikator, diantaranya jalan yang mendapatkan nilai 75,36, Rumah Sakit/Puskesmas 77,16 dan Perairan Terbuka 76,13.

Wakil Bupati Blitar, Rijanto mengatakan, saat ini Pemkab. Blitar tengah kembali bersiap untuk menjalani Penilaian Tahap Kedua (P2) yang dijadwalkan pada 14 April 2014 mendatang. Oleh karena itu, sejumlah persiapan di Kec. Wlingi terus dilakukan, diantaranya dengan pembenahan TPA, Ruang Terbuka Hijau (RTH), Kampung Organik serta pengaturan pedagang kaki lima. Masyarakat diminta untuk berpartisipasi dengan ikut menjaga kebersihan lingkungan di sekitar dengan menggiatkan kerja bakti.

Dalam penilaian Adipura tahun 2014 ini, Pemkab. Blitar menargetkan masuk 20 besar setelah pada 2013 lalu hanya mampu berada di posisi 30 besar. Ini merupakan salah satu upaya Pemkab. Blitar untuk mendapatkan Penghargaan Adipura Kencana di Tahun 2015 dengan masuk ke 5 besar kategori kota kecil. (IM-Dishubkominfo)