Blitar – Setelah sekitar satu minggu petugas melakukan sortir dan pelipatan surat suara pilpres sebanyak 938.733 lembar surat suara, akhirnya secara  secara keseluruhan proses penyortiran dan pelipatan sudah selesai. Dari jumlah tersebut cukup banyak kerusakan surat suara yang harus segera diganti. Keterangan ini diungkapkan Divisi Logistik dan Perencanaan Anggaran KPU kabupaten Blitar, Nikmatus Solikhah. Menurut Nikmatus, dari 938.733 surat suara yang diterima, setidaknya ditemukan 1.078 lembar surat suara yang rusak. Kerusakan surat suara pilpres berfariatif seperti tembus, ada bercak tinta maupun kesalahan cetak.

Menurut Nikmatus, sesui ketentuan kerusakan tersebut segera dimintakan ganti ke KPU Pusat. Saat ini pihaknya sudah mengajukan ganti untuk surat suara yang rusak. Diperkirakan pengganti surat suara yang rusak akan segera dikirim, mengingat paling lambat pendistribusian ke PPK adalah pada tanggal 2 Juli 2014 mendatang.

Nikmatus menambahkan pasca pelaksanaan proses sortir dan pelipatan ini, langsung dilakukan packing untuk segera didistribusikan ke PPK. (IR-Dishubkominfo)