Blitar – Polres Blitar akan menindak tegas warga yang melakukan konvoi takbir keliling pada Idul Fitri 2014. Demikian diungkapkan Kanitbintibmas Satbimas Polres Blitar, Iptu Surani. ┬áMenurut Surani, tidak boleh ada kegiatan takbir keliling pada malam Idul Fitri, yang diperbolehkan takbir disekitar masjid maupun mushola masing-masing. Jika ada yang melakukannya, maka akan ditindak oleh pihak kepolisian. Pihak kepolisian akan mengambil tindakan tegas berupa tilang. Larangan tersebut menurut Surani dalam rangka menjaga kekhusyukan masyarakat, karena selama ini pelaksanaan pawai tersebut ada sebagian peserta pawai yang bersikap kurang menggambarkan makna sesungguhnya dari malam takbiran dengan berhura-hura bahkan membunyikan petasan dan kembang api. Selain itu juga untuk memberikan perlindungan kepada masyarakat, karena takbir keliling secara konvoi dengan kendaraan roda 2 maupun roda 4 rawan terjadi kecelakaan lalu lintas.

Surani meminta khususnya para pengurus masjid agar dapat mengarahkan warga untuk mengumandangkan takbir, tahlil, tasbih dan tahmid pada malam hari raya cukup pada masjid, langgar dan mushola saja agar lebih khusuk.

Menurut keterangan Sekretaris PMI Cabang Kabupaten Blitar Bambang Wahyu, pada malam takbiran PMI akan mengoperasikan 2 unit ambulan masing-masing untuk wilyah barat dan wilayah timur. Hal ini dilakukan untuk antisipasi jika saat malam takbiran terjadi kecelakaan lalu lintas bisa segera dilakukan pertolongan lebih dini. (IR-Dishubkominfo)