Blitar – Kolaborasi gelar Potensi Blitar oleh beberapa SKPD Kabupaten Blitar Jumat (5/9) di Ruang Terbuka Hijau (RTH) Wlingi sukses. Kegiatan yang berlangsung dari tanggal 4 sampai 7 September 2014 diresmikan langsung oleh Bupati Blitar, H. Herry Noegroho yang didampingi oleh Wakil Bupati Blitar, H. Rijanto, sejumlah Kepala SKPD serta unsur Forpimda. Tujuannya, mengekspose semua potensi yang ada di Kabupaten Blitar.

Kegiatan kolaborasi dari Dinas Koperasi dan UMKM, Badan Lingkungan Hidup, Dinas Porbudpar dan Bagian Kesra terpusat di Kecamatan Wlingi.  Kegiatan-kegiatan itu diantaranya ada kegiatan Lomba MTQ dan sholawat yang telah dikuti oleh sekitar 800 kafilah se-Kabupaten Blitar, gelar stand-stand produk unggulan di RTH dan sepanjang Jl. Urip Sumoharjo Wlingi.

Bupati Blitar dalam kesempatan tersebut menyampaikan  selamat Memperingati Hari Lingkungan Hidup kepada penggiat lingkugan hidup Kabupaten Blitar. Tahun 2014 telah dicanangkan sebagai Gerakan Indonesia Peduli Sampah menuju masyarakat Berbudaya 3R (Reduce, Reuse dan Recycle), untuk kesejahteraan masyarakat serta untuk mendukung gerakan Kemeneterian Lingkungan Hidup, 24 Februari 2014 lalu di Surabaya yang telah mendeklarasikan Indonesia Bersih Sampah 2020. Artinya, masyarakat Indonesia harus mengelola sampahnya di Tahun 2020. Dalam kesempatan tersebut, orang nomor satu di Kabupaten Blitar juga memberikan apresiasi serta terima kasih kepada pemenang lomba Adipura Kecamatan, Adiwiyata, lomba kebersihan dan keasrian. Gema Adipura Kecamatan juara I oleh Kecamatan Ponggok, gebyar 17 Agustusan oleh Kecamatan Panggungrejo, Puskesmas Bersih dan Asri yakni Puskesmas Doko.

Masih dalam satu rangkaian, Bupati Blitar juga mengingatkan, dalam rangka peringatan hari Koperasi ke- 67, Bupati mengingatkan, koperasi dan UMKM harus mengambil peran dan mampu bersaing di era pasar bebas. Sehingga produk unggulan harus ditingkatkan kualitasnya.  Untuk itu koperasi dan UMKM harus terus mempersiapkan diri, meningkatkan inovasi-inovasi.

Gelar potensi Blitar juga diikuti gelar pameran desa wisata. Desa Wisata mempunyai potensi wisata dan atraksi seni budaya untuk menarik kunungan wisatawan yang memprioritaskan pada pemberdayaan masyarakat desa dan kearifan lokal.  Bupati mengucapkan selamat kepada Desa Tulungrejo dan Gandusari yang telah masuk peringkat 10 besar tingkat nasional desa wisata. (Humas)