Blitar – Gencarnya operasi pemberantasan pembalakan liar yang dilakukan polisi hutan sepanjang tahun ini mulai membuahkan hasil. Berdasarkan data gangguan keamanan hutan di perhutani KPH Blitar yang meliputi wilayah Kabupaten Blitar, Tulungagung, dan Malang mengalami penurunan kasus ilegal loging atau pembalakan liar dari tahun ke tahun. Keterangan ini diungkapkan Humas Perhutani KPH Blitar, Heri Purwanto. Menurut Heri, pada Agustus 2013 ada 1.367  pohon kayu yang hilang dengan nominal 615 juta rupiah, tahun 2014 pada periode yang sama tinggal 1.257 pohon yang hilang dengan nominal 595 juta rupiah. Pohon-pohon yang dicuri tersebut merata, ada yang kecil dan mayoritas pohon yang sudah besar.

Lebih jauh Heri Purwanto mengatakan operasi tersebut sengaja di tingkatkan agar pelaku ilegal loging jera. Bahkan jika ada informasi adanya pencurian kayu, polisi hutan langsung melacak sampai ketemu dengan mengamankan hasil curian maupun tersangkanya. Dari hasil operasi tersebut setidaknya ada 147,25 meter kubik dengan nilai 203 juta rupiah yang berhasil diselamatkan. Sedangkan pelaku diserahkan kepada pihak kepolisian untuk diproses lebih lanjut.

Untuk pengamanan 57.327,80 hektar wilayah perhutani setidaknya diturunkan 130 personil yang terdiri dari polsus dan polisi territorial, sehingga dari tahun ketahun kasus ilegal loging terus mengalami penurunan. (IR-Dishubkominfo)