Blitar – Selain Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT), tahun ini Pemkab. Blitar juga menerima Dana Bagi Hasil (DBH) Pajak Rokok yang mencapai 27 miliar. Kepala Bappeda Kabupaten Blitar, Mangatas Lomban Tobing mengungkapkan, kepastian kuota DBH Pajak Rokok tersebut diterima Pemkab. Blitar pada PAK kemarin, tepatnya pada bulan September lalu. Namun dari 27 miliar yang dialokasikan untuk Kabupaten Blitar, hingga kini baru 10 miliar yang sudah diterima. Sisanya kemungkinan akan diterima pada akhir tahun ini.

Menurut Tobing, DBH Pajak Rokok antara lain diperuntukkan Dinas Kesehatan sebesar Rp 3,5 miliar, yang rencananya akan digunakan untuk anggaran program jambanisasi, sedangkan sisanya tersebar di beberapa SKPD lainnya. Hingga kini berapa persen anggaran yang sudah terserap, Tobing belum dapat memastikan, dan dalam waktu dekat akan dilakukan evaluasi dengan SKPD terkait.

Jika sisa  DBH Pajak Rokok yang belum diterima Pemkab. Blitar tidak dapat terserap sampai dengan akhir tahun, maka akan dilaksanakan pada APBD 2015 yang termasuk dalam SILPA Tahun 2014. (IM-Dishubkominfo)