Blitar – Pergantian malam tahun baru, selalu menarik euforia masyarakat untuk merayakannya dengan turun ke jalan. Sayangnya mayoritas diantara mereka, kerap tidak memperhatikan keselamatan selama berlalu lintas di jalan raya. Terkait hal ini Polres Blitar bakal menindak tegas pengguna jalan, yang mengabaikan standart keselamatan berkendara selama perayaan malam tahun baru.

Diungkapkan Kasat Lantas Polres Blitar, AKP Yudarso, secara persuasif Polres Blitar sendiri telah sering memberikan himbauan kepada masyarakat melalui Operasi Simpantik, agar memperhatikan keselamatan berkendara (safety riding). Bahkan belum lama ini kepolisian

juga telah melakukan penindakan berupa tilang dalam Operasi Zebra yang berhasil menindak 2 ribu lebih penggendara. Namun hingga kini masih banyak ditemui masyarakat yang tetap nekat melakukan pelanggaran lalu lintas. Karenanya selama pergantian malam tahun baru, Polres Blitar tidak segan-segan untuk menindak tegas pengendara yang tidak menggunakan kelengkapan safety riding, seperti tidak memakai helm, menggunakan knalpot brong, serta ban motor yang ukurannya di bawah standar. Tidak hanya itu kepolisian juga akan menindak pengguna jalan yang berpotensi menimbulkan kecelakaan seperti menggelar balapan liar.

Di sisi lain Kasat Lantas menghimbau agar selama merayakan malam pergantian tahun baru warga tidak melakukan konvoi di jalan dan tetap mematuhi tata tertib berlalu lintas. (IM-Dishubkominfo)