Blitar –  Hari pertama Ujian Nasional Tingkat SMP/MTs dan SMPLB Tahun pelajaran 2014/2015 di Kabupaten Blitar berlangsung lancar. Wakil Bupati Blitar, H.Rijanto yang didampingi Ketua DPRD dan sejumlah Kepala SKPD saat melakukan monitoring ujian nasional di sejumlah sekolah antara lain : SMP 1 Srengat, SMPN 1 Udanawu dan MTsN Kunir melihat kondisi lancar. Orang nomor dua di Kabupaten Blitar ini berharap, Ujian Nasional tersebut hingga diakhir jadwal berjalan lancar dan kualitas nilai dari ujian itu cukup memuaskan.

            Hal senada juga disampaikan Heru Pujiono, S.pd, M.Si, Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Blitar. Menurutnya, mulai distribusi soal yang dibantu oleh pihak aparat kepolisian juga berlangsung lancar dan tertib. Ini sesuai dengan kondisi sekaligus laporan masing-masing sub rayon. Harapannya, nilai akademis dari ujian nasional tersebut meningkat kendati ada ungkapan bahwa nilai ujian nasional bukan parameter nilai kelulusan. Diharapkan, anak-anak peserta ujian tetap termotivasi belajarnya agar mendapatkan nilai yang maksimal.

            Dijelaskan pula, peserta ujian tingkat SMP di Kabupaten Blitar sekitar 10.588 siswa, MTs 4602  peserta. Untuk hari pertama UN yakni mata pelajaran Bahasa Indonesia sedangkan Hari Selasa, Matematika dan Bahasa Inggris Hari Rabu sementara hari terakhir yakni Kamis bidang Ilmu Pengetahuan Alam.

            Seperti diketahui, monitoring UN SMP terbagi dalam dua tim. Tim monitoring  wilayah barat  oleh Wakil Bupati Blitar dan rombongan sedangkan tim monitoring wilayah timur antara lain; Kapores Blitar, Ketua Komisi IV DPRd Kabupaten Blitar, Kepala Kementerian Agama dan Kepala Dinas Pendidikan. Mereka mengunjungi SMPN 1 Garum, SMPN 2 Gandusari dan MTsN Gandusari. (Humas – Dishubkominfo)