Blitar – Puncak acara peringatan Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) Kabupaten Blitar tahun 2015 diperingati oleh ribuan lansia di Ruang Terbuka Hijau (RTH) Beru Wlingi, Kabupaten Blitar pada Kamis, 11 Juni 2015. Tidak hanya menggelar senam pagi bersama para Lansia, dalam acara tersebut juga memberikan berbagai hadiah maupun doorprice serta pemberian piagam penghargaan pada keluarga pioneer, yakni pasangan suami istri yang telah menempuh usia perkawinan emas selama 50 tahun atau lebih, serta menjadi teladan, panutan bagi keluarga-keluarga muda yang ada di Kabupaten Blitar.

Peringatan Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) tersebut merupakan momentum strategis untuk meningkatkan pemahaman, sikap, perilaku dan hidup sehat serta meningkatkan kemandirian sebagai cerminan kesejahteraan lansia untuk mempersiapkan pra lanjut usia agar lebih produktif dan mandiri. Membuka acara bertema hari Lanjut Usia 2015, Bersama Membangun Kepedulian Terhadap Lanjut Usia, Bupati Blitar, Herry Nugroho turut didampingi Wakil Bupati Blitar, Forpimda, serta Ketua dan pengurus Tim Penggerak PKK Kabupaten Blitar. Dalam sambutannya Bupati Blitar menyampaikan dengan teritnya UU No. 13 tahun 1998 tentang Kesejahteraan Lanjut Usia adalah upaya nyata Pemerintah untuk memberikan pelayanan terbaik bagi Lansia. Selain itu, melalui peringatan hari Lanjut Usia, diharapkan dapat mendukung perubahan perilaku Lansia agar tetap sehat dan produktif, melalui penciptaan lingkungan ramah lansia yang mendorong kesehatan dan partisipasi aktif lansia, penyediaan layanan kesehatan yang ramah lansia, peningkatan peran serta lansia dalam pembuatan kebijakan publik yang ramah lansia, serta membantu lansia berpartisipasi aktif dalam keluarga dan masyarakat.

Sementara Komisi Daerah Lanjut Usia (KOMDA LANSIA) Kabupaten Blitar yang diketuai Wakil Bupati Blitar, Drs. H. Rijanto, M.M bersama dengan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) terkait telah berupaya meningkatkan Usaha Kesejahteraan Lanjut Usia di segala sektor/bidang. Komda Lansia Kabupaten Blitar bekerja sama dengan Lembaga Konsultasi Kesejahteraan Keluarga (LK3) Kabupaten Blitar membentuk Pos Konsultasi Keluarga di masing-masing Desa/ Kelurahan, seperti di Kecamatan Selorejo dan Kecamatan Sanankulon. Diharapkan lembaga itu bisa menjadi wahana konsultan dan konsultasi keluarga dengan melibatkan tokoh agama dan tokoh masyarakat.

Bupati Blitar, Herry Nugroho juga menyampaikan pada 4 Juni 2015 lalu, pihaknya telah menerima Penghargaan Kesejahteraan Sosial Lanjut Usia Nasional (Kesoslunas) tahun 2015 dari Presiden Republik Indonesia. Penghargaan ini juga diberikan Pemerintah Pusat pada 2 Bupati lainnya, diantaranya Bupati Aceh Jaya Provinsi NAD dan Bupati Bangka Tengah Provinsi Bangka Belitung. Keberhasilan pemerintah Kabupaten Blitar yang turut diperingati dalam Hari Lanjut Usia Nasional ini, menurutnya berkat bantuan dan partisipasi aktif dari semua pihak, sekaligus momentum bagi seluruh masyarakat Kabupaten Blitar untuk membangun kepedulian terhadap para warga lanjut usia.(Humas)