Blitar – Bupati Blitar, H. Herry Noegroho SE, MH yang didampingi Wakil Bupati Blitar, Drs. H.Rijanto, MM dan Sekretaris Daerah Kabupaten Blitar, Drs. Palal Ali Santoso, MM meminta kepada seluruh Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), Camat dan Lurah se-Kabupaten Blitar segera melakukan penyerapan anggaran dengan tepat dan benar. Pasalnya, pada triwulan ketiga penyerapan anggaran di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Blitar per 1 September 2015 sekitar 51% (Belanja langsung 60% dan tidak langsung 36%). Padahal idealnya bisa mencapai 75%. Hal ini mengemuka saat orang nomor satu ini memimpin Rapat Evaluasi Percepatan Penyerapan  APBD Tepra Tahun 2015 di Ruang Perdana Kantor Bupati Blitar, Jumat (4/9).

Bupati Blitar juga mengungkapkan, PAGU penyerapan Triwulan I seharusnya 25%, triwulan II 35%, triwulan III 30% dan triwulan IV mencapai 10%.  Untuk itu, diharapkan semua Kepala SKPD, Camat dan Lurah mempunyai pemikiran untuk mempercepat penyerapan. Pekerjaan-pekerjaan segera diselesaikan dengan baik serta menghindari masalah. Karena keterlambatan penyerapan anggaran diakui atau tidak karena pengaruh ekonomi global. Analisis para ekonom Indonesia, pertumbuhan ekonomi di Indonesia menjadi terhambat karena dampak perekonomian global. Alasan lain yang menyebabkan keterlambatan penyerapan anggaran yang notabene berpengaruh terhadap pertumbuhan ekonomi yakni adanya upaya kriminalisasi pemerintah daerah. Hal ini memicu ketakutan pemerintah daerah untuk secara cepat menyerap anggaran. Kendati demikian, Bupati Blitar tetap memberi semangat kepada seluruh SKPD dan jajarannya untuk tetap bekerja maksimal sehingga serapan anggaran pada tahun ini segera tuntas sesuai dengan target.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Blitar juga menyampaikan  bahwa Kamis, 3 September 2015 bersama rombongan telah mengunjungi beberapa proyek besar Pemerintah Kabupaten Blitar yakni, Stadion di Kecamatan Nglegok, amphitheatre sebagai pendukung lokasi wisata di Candi Penataran, Kantor Pemerintah Kabupaten Blitar di Kanigoro dan kolam renang kawasan Penataran. Keempat proyek besar tersebut diharapkan selesai akhir tahun ini. Pada 31 Desember 2015, keempat proyek itu bisa diresmikan karena bertepatan dengan Hari Jadi Pemerintah Kabupaten Blitar Tahun 2015. Selain itu sebagai bentuk kenang-kenangan diera kepemimpinannya. Melihat proses pembangunannya bersama rombongan yaitu Wakil Bupati Blitar, Sekretaris Daerah dan sejumlah Kepala SKPD, Bupati Blitar optimis, akhir Tahun 2015 keempat proyek tersebut bisa diresmikan.

Wakil Bupati Blitar dalam kegiatan itu menambahkan, pada akhir masa jabatannya bersama Bupati Blitar H.Herry Noegroho, diharapkan Kabupaten Blitar meraih WTP. Beberapa kendala seperti penataan aset, jaminan pelaksanaan pembangunan pemerintah daerah segera dituntaskan.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kabupaten Blitar, Drs. Palal Ali Santoso, MM menghimbau kepada peserta rapat, agar tertib administrasi dalam penyerapan anggaran. Bagi SKPD yang masih kecil serapan anggarannya segera bekerja keras dan berhati-hati.(Humas)