Blitar – Pemerintah Kabupaten Blitar sudah siap jika PILKADA dilanjutkan pada 09 Desember nanti.Demikian diungkapkan oleh Bupati Blitar Herry Noegroho. Ia mengatakan, berdasarkan putusan Mahkamah Konstitusi mengabulkan permohonan uji materi soal calon tunggal dalam Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2015 tentang Pemilihan Gubernur/Bupati dan Wali Kota, bahwa MK memperbolehkan Daerah dengan calon tunggal untuk melaksanakan pemilihan Kepala Daerah serentak periode pertama pada Desember 2015, pemkab Blitar telah siap untuk memfasilitasi pilkada pada 9 desember mendatang.

Herry Noegroho mengungkapkan, Pemkab masih menunggu terbitnya regulasi terbaru yang saat ini masih di Pleno kan ditingkat Pusat, selain itu masih harus melewati tahapan tertentu. Namun menurut Herry, pada dasarnya Pemkab merupakan fasilitator dalam penyelenggaran Pilbup nanti, akan tetapi pihaknya juga telah siap jika Pilbup tetap lanjut pada 9 Desember nanti.

Perlu diketahui Mahkamah Konstitusi mengabulkan permohonan uji materi soal calon tunggal dalam Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2015 tentang Pemilihan Gubernur/Bupati dan Wali Kota. MK memperbolehkan Daerah dengan calon tunggal untuk melaksanakan pemilihan Kepala Daerah serentak periode pertama pada Desember 2015. Mahkamah menyatakan mengabulkan permohonan pemohon untuk sebagian. Dalam pertimbangannya, hakim konstitusi menilai bahwa undang-undang mengamanatkan Pilkada sebagai pelaksanaan kedaulatan rakyat untuk memilih Kepala Daerah secara langsung dan demokratis.(RIZ-Dishubkominfo)