Blitar – Karang Werda Rahayu Mulyo Kabupaten Blitar masuk 5 besar nominator lomba karang werda tingkat Provinsi Jawa Timur. Karang Werda yang diketuai H. Ahmad Suwito ini telah meraih beberapa prestasi di Kabupaten Blitar. Bahkan, karang werda yang dibentuk sejak 17 Pebruari 2014 ini berkontribusi  turut mengembangkan home industry minuman olahan dari buah-buahan, terutama dari buah belimbing, jambu, markisa, sinom, maupun asem.  Karang Werda Rahayu Mulyo yang berarti mulia dan selamat dunia akhirat ini diharapkan mampu menjadi sang jawara pada Lomba Karang Werda Tingkat Provinsi Jawa Timur. Hal ini mengemuka pada kunjungan Tim Penilai Lomba Karang Werda Provinsi Jawa Timur, di BKM Desa Karangsono, Selasa 12 April 2016.

Ketua Karang Werda Rahayu Mulyo, H.Ahmad Suwito juga menyampaikan bahwa Karang Werda Rahayu Mulyo yang beranggotakan sekitar 992 orang ini selain aktif pada kegiatan home industry, juga aktif melaksanakan senam lansia. Visi Karang Werda Rahayu Mulyo diantaranya meningkatkan kesehatan ini berkomitmen untuk tetap sehat dan berusaha terus berkarya. Mereka juga optimis, jika Desa Karangsono menjadi desa agropolitan pada tahun 2018. Untuk itu, diharapkan anggota karang werda tetap guyup rukun, tetap berlaku bijaksana, mengeluarkan ungkapan selalu santun. Pasalnya, menjadi panutan bagi kaum muda.

Sementara itu, Bupati Blitar, H.Rijanto yang didampingi Ketua TP PKK Ny.Hj.Ninik Rijanto, Wakil Bupati Blitar , Marhaenis, dan Anggota Forpimda, menyampaikan apresiasi kepada Karang Werda Rahayu Mulyo. Pemberdayaan baik dibidang sosial maupun budaya anggota karang werda ini patut menjadi contoh bagi karang werda yang lain.  Dengan berbagai program dan kegiatan, karang werda ini diharapkan menjadi sang jawara dalam lomba tingkat provinsi tersebut. Bahkan orang nomor satu di Kabupaten Blitar tersebut berharap Hari Lansia Tingkat Nasional bisa dilangsungkan di Kabupaten Blitar.

Ditempat yang sama, Ketua Tim Penilai Lomba Karang Werda Tingkat Provinsi Jawa Timur, Indera Istianto, SH, MM juga menyampaikan apresiasi kepada Karang Werda Rahayu Mulyo pimpinan H. Ahmad Suwito. Mereka telah menyambut kedatangan tim dengan berbagai kegiatan seni dan budaya yang notabene kesenian tersebut diperagakan oleh para lansia anggota  Karang Werda Rahayu Mulyo.  Dijelaskan pula, kriteria penilaian dari lomba tesrebut antara lain, administrasi, pengelolaan organisasi, sarana dan prasarana serta pengelolaan kesehatan. Dan karang werda ini benar-benar bisa menjadi sang jawara pada lomba karang werda tingkat provinsi Jawa Timur.

Seperti diketahui, lomba  dihadiri tim rombongan berjumlah 12 orang di Gedung BKM Desa Karangsono. Kedatangan mereka disambut hadrah dan beberapa kesenian antara lain  pagelaran karawitan, panembrono, kesenian jedor, tari gambyong, dan jaranan. Usai acara di gedung tersebut, tim penilai mengunjungi beberapa lokasi penilaian.(Humas)