Blitar – Akar etika politik adalah kebaikan. Ini senantiasa didasarkan kepada hakikat manusia sebagai makhluk beradab dan berbudaya.Oleh karena itu etika politik berkaitan erat dengan bidang pembahasan moral. Hal ini berdasarkan kenyataan bahwa pengertian “moral” senantiasa menunjuk kepada manusia sebagai subjek etika. Di Indonesia, mengimplementasikan Pancasila tidak hanya sebagai landasan etika dalam berpolitik tetapi juga merupakan landasan dan ideologi Negara. Untuk itu, dengan berpedoman pada Pancasila, hendaknya sebagai warga negara berusaha meminiamlisir penyimpangan. Kendati diakui atau tidak, masih ada oknum atau elit politik dalam berbagai pengambilan keputusan melakukan penyimpangan. Padahal seharusnya mampu menjunjung tinggi nilai-nilai Pancasila dan keadilan bersama. Hal ini mengemuka pada kegiatan Fasilitasi Pengembangan Etika Politik di Local Education Centre, Selasa 10 Mei 2015.

A.Iriyanto, Sekretaris Badan Kesatuan Bangsa Politik Kabupaten Blitar saat membacakan sambutan Kepala Bakesbangpol mengungkapkan, kegiatan yang diikuti sekitar 100 peserta yang terdiri dari Kasi Pemerintahan Kecamatan dan Kasi Kelurahan serta dari perwakilan masyarakat tersebut bertujuan untuk meningkatkan kemandirian berpolitik dan mendorong karakter bangsa yang selaras dengan nilai-nilai Pancasila. Juga sebagai media untuk mewujudkan kesetaraan pola pikir di lingkungan aparatur pemerintah dan masyarakat Kabupaten Blitar. Melalui tema, “Meningkatkan Kesadaran Hak dan Kewajiban masyarakat Dalam Kehidupan Bermasyarakat, Berbangsa, dan Bernegara,” masyarakat diajak untuk benar-benar mengimplementasikan setiap tindakan didasarkan pada nilai Pancasila dan UUD 1945. Turut menjaga demokrasi tetap sehat, sehingga situasi tetap kondusif.

Dalam kegiatan yang berlangsung sehari tersebut, dihadiri narasumber dari Universitas Brawijaya Malang yakni Dr.Soleh Mu’adi, SH, M.Si. Akademisi ini memaparkan tentang penerapan Etika Politik di Indonesia. Selain itu, Ketua KPU Kabupaten Blitar, Imron Nafifah,SP yang juga menjadi narasumber pada kegiatan itu menjelaskan tentang Pemilihan Umum dan Mekanismenya.(Humas)