Blitar – Menjelang diselenggarakannya Perkemahan Tingkat Nasional Saka Bhakti Husada (Pertinas SBH) V Tahun 2016 yang akan berlangsung 17-23 Oktober 2016, Pemerintah Kabupaten Blitar bersama masyarakat menggelar acara tasyakuran pembukaan Bumi Perkemahan  Serut. Harapannya, kegiatan Nasional yang rencananya juga akan dihadiri oleh perwakilan dari Asia Tenggara, Amerika Serikat dan Canada berlangsung lancar, sukses.  Untuk itu masyarakat juga diminta turut mensukseskan kegiatan tersebut. Hal ini disampaikan oleh Bupati Blitar, H.Rijanto dalam acara tasyakuran pembukaan Bumi Perkemahan Serut, Selasa 11 Oktober 2016.

Bupati Blitar juga menyampaikan, kegiatan yang akan diikuti sekitar 2.500 orang  penegak dan pandega (usia 16-25 tahun) tersebut juga sebagai sarana meningkatkan ekonomi masyarakat Kabupaten Blitar. Juga ajang promosi wisata kabupaten ini mulai promosi wisata, seni budaya, sejarah dan kuliner. Sehingga pada kegiatan ini juga akan digelar pasar rakyat. Ini bertujuan untuk mengakomodir masyarakat yang ingin berjualan di sekitar lokasi serta sebagai upaya mendukung Gerakan Ayo Bela dan Beli Produk Kabupaten Blitar.

Dihadapan undangan yang hadir, orang nomor satu di Kabupaten Blitar ini menyampaikan terima kasih kepada Jasa Tirta, Perhutani dan PT PJB (Pembangkitan Jawa Bali) yang telah menyediakan lokasi untuk perkemahan. Dijelaskan pula, bahwa Pertinas SBH ke-IV berlangsung di Gorontalo dan telah berlangsung sukses. Rencananya, Pertinas  SBH V akan dibuka secara langsung oleh Gubernur Jawa Timur, Soekarwo pada tanggal 17 Oktober 2016. Sebelumnya  pada hari dan tanggal yang sama, orang nomor satu di Jawa Timur ini akan membuka Jambore Pemuda Indonesia Daerah di Puspo Jagad Gandusari. Sedangkan pada tanggal 19 Oktober 2016, Menteri Sosial, Khofifah Indar Parawansa akan mengunjungi Bumi Perkemahan Serut, melihat secara langsung kegiatan Pertinas SBH V. Tanggal 22 Oktober 2016, rencananya akan ditutup oleh Menteri Kesehatan Prof.Dr.dr. Nila Djuwita F.Moeloek SpM (K), juga akan dihibur oleh band dari Ibukota Jakarta.

Seperti diketahui, sesuai dengan Surat Ketua Kwartir Derah Gerakan Pramuka Jawa Timur tanggal 15 Oktober 2015 Nomor: 410/13.00.C perihal penunjukkan tempat PERTINAS Saka Bakti Husada Tahun 2016, Kabupaten Blitar ditujuk sebagai tuan rumah kegiatan itu. Kesiapan ini seperti tercantum dalam Surat Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Blitar kepada Kwarda Jatim tanggal 7 Desember 2015 Nomor: 217/13.05-C perihal kesiapan Kabupaten Blitar sebagai tempat penyelenggaraan PERTINAS Saka Bakti Husada Tahun 2016. Sementara terkait persetujuan permohonan ijin tempat kegiatan tersebut, dikuatkan dengan surat dari KPH Blitar tangal 30 Desember 2015 Nomor: 1331/001.6/Humas/Btr/Divre Jatim.(Humas)