Blitar – Bupati Blitar, Drs. H.Rijanto, MM yang didampingi Plt.Sekretaris Daerah Kabupaten Blitar,  Kepala Dinas Perhubungan, beberapa Kepala OPD di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Blitar serta anggota Forpimda menggelar tasyakuran terkait penghargaan Wahana Tata Nugraha  (WTN) dibidang lalu lintas kategori kota kecil. Tasyakuran yag digelar di Ruang Terbuka Hijau (RTH) Wlingi, Selasa (7/2) ini dimaknai sebagai wujud syukur karena sudah tiga kali berturut-turut Kabupaten Blitar meraih penghargaan serupa. Selain itu sebagai penegasan, bahwa penghargaan yang diterima bukanlah tujuan utama. Namun yang paling utama adalah masyarakat terus bisa tertib berlalu lintas.  Hal ini disampaikan oleh Bupati Blitar dalam sambutannya diacara tersebut.

Orang nomor satu di Kabupaten Blitar ini juga menyampaikan, penghargaan ini merupakan hasil gotong royong semua pihak, termasuk Polres Blitar. Dalam kesempatan tersebut Bupati Blitar juga memberikan apresiasi kepada relawan  Bangun Praja yang turut membantu menjaga ketertiban lalu lintas di kabupaten ini.  Harapannya, kedepan, penghargaan WTN dipertahankan atau bahkan lebih ditingkatkan.

Hal senada juga disampaikan Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Blitar, Toha Mashuri, S.Sos, M.Si. Dia mengungkapkan, penghargaan yang diraih tidak lepas dari kekompakan dan kerjasama dengan semua pihak. Harapannya kedepan, kekompakan tetap terjaga sehingga penghargaan WTN bisa kembali diraih oleh Kabupaten Blitar. Kepala Dinas Perhubungan ini juga mengingatkan,  Kabupaten Blitar telah memiliki Area Traffic Control System (ATCS) atau Pusat kendali komunikasi dan informasi lalu lintas dan angkutan jalan.  Empat titik di Kecamatan Wlingi,  4 titik lainnya di Kecamatan Srengat dan di Kecamatan Kanigoro. Dengan terpasangnya ATCS ini diharapkan, arus lintas lintas makin tertib, lancar dan mengurangi angka kecelakaan.

Acara tasyakuran penghargaan WTN 2016 yang sekaligus sebagai persiapan penilaian WTN 2017, penilaian Adipura dan Adiwiyata 2017 ini ditandai dengan pemotongan tumpeng oleh Bupati Blitar dan diserahkan kepada Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Blitar.

Seperti diketahui, Selasa (31/1) di Jakarta, Bupati Blitar, H.Rijanto yang didampingi Kapolres Blitar, AKBP. Slamet Waluya,S.IK, dan Kepala Dinas Perhubungan,Toha Mashuri menerima penghargaan Wahana Tata Nugraha (WTN) dibidang lalu lintas kategori kota kecil. Penghargaan ini sebagai keberhasilan dalam mengikuti kinerja penyelenggara sistem tranportasi perkotaan Tahun 2016. Penghargaan diberikan langsung kepada Bupati Blitar ini oleh Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub, Pudji Hartanto Iskandar.

Penghargaan ini diberikan usai Tim Penilai Wahana Tata Nugraha (WTN) Kementerian Perhubungan memberikan penilaian  di Kota Wlingi pada hari Senin, 25 Juli 2016. Tim  penilai yang diketuai Kepala Sub Direktorat (Kasubdit) Multimoda Ditjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan, Toto Nurwicaksono telah meninjau lokasi. Indikator penilaian untuk penerima penghargaan WTN ini  mulai dari administrasi yang dilanjutkan dengan survey lapangan terkait sarana dan prasarana lalu lintas serta pelayanannya kepada masyarakat juga telah dilaksanakan. Dari beberapa hal yang telah dinilai, Kabupaten Blitar yang diwakili Kecamatan Wlingi sudah pantas mendapatkan penghargaan tersebut. Mengingat budaya berlau lintas, sarana dan prsarananya memadai. Bahkan saat itu Tim Penilai memberikan apresiasi kepada pengguna jalan di Kabupaten Blitar. Masyarakat dinilai disiplin dalam berlalu lintas. Ini membuktikan kesadaran berlalu lintas mereka tinggi. Masyarakat pengguna jalan di Kota Wlingi sudah sangat santun, artinya mereka menaati peraturan lalu lintas.

Di Pendopo Ronggo Hadinegoro, Selasa, 26 Juli 2016, Kepala Sub Direktorat (Kasubdit) Multimoda Ditjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan, Toto Nurwicaksono menyerahkan hasil penilaian dari tim penilai kepada Bupati Blitar. Sekedar diketahui, Kota Wlingi Kabupaten Blitar masuk dalam penilaian oleh Tim Penilai WTN Kemenhub bersama 30 kabupaten/kota lainnya di Jawa Timur.(Humas)