Blitar – Bupati Blitar, Drs. H.Rijanto, MM menyampaikan bahwa masing-masing anak mempunyai bakat yang berbeda-beda. Selayaknya, bakat tersebut didukung oleh orang tua, bukan malah mengekangnya atau harus mengikuti kemauan orang tua. Mengingat, masa golden age atau masa keemasan merupakan periode yang amat penting bagi seorang anak. Pendidikan pada rentang usia tersebut sangat menentukan tahap perkembangan anak selanjutnya. Masa-masa emas tersebut berada dalam rentang usia 0-5 tahun. Hal ini disampaikan oleh orang nomor satu di Kabupaten Blitar saat acara Gebyar PAUD Gernas Manjur (Gerakan Nasional Pembelajaran Aku Anak Jujur), di Pendopo Sasana Adhi Praja, Rabu, Selasa (16/5).

Disampaikan pula agar anak dapat tumbuh dan berkembang secara optimal sesuai tahap tumbuh kembang dan potensi masing-masing. Pendidikan usia dini memiliki peranan penting dalam membentuk karakter anak yang bermoral dan berakhlak mulia, kreatif, inovatif, dan kompetitif. Untuk itu dengan motto Cinta Anak Usia Dini diharapkan semua pihak mendukung upaya perlindungan anak, juga turut memperhatikan tumbuhkembang anak secara optimal. Mengingat mereka adalah generasi penerus bangsa.

Seperti diketahui, Gebyar PAUD Gernas Manjur diikuti sekitar 292 anak dan orang tua. Kegiatan ini sebagai rangkaian kegiatan Hari Anak Nasional yang telah dimulai sejak 20 April 2017 lalu. Kegiatan tersebut meliputi parenting dengan diikuti 539 peserta, dan kegiatan pada Selasa, 16 Mei 2017 ini adalah finger painting dengan melibatkan orang tua dan anak. Ini dilakukan serentak di seluruh tanah air sebagai hasil kerjasama dengan Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Kerja (OASE), KPK, dan PKK.

Gebyar PAUD Gernas Manjur di Kabupaten Blitar dibuka oleh Bupati Blitar yang didampingi oleh Wakil Bupati Blitar, Marhaenis, Ketua TP PKK Kabupaten Blitar, Sekretaris Dearah  Kabupaten Blitar. Ini ditandai dengan pemukulan drum dan secara simbolis finger painting oleh Bupati Blitar, Wakil Bupati Blitar, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Blitar serta Ketua TP PKK Kabupaten Blitar.  Gebyar yang dilaksanakan sampai pukul 13.00 WIB tersebut diwarnai pula dengan pentas tari dan lagu dari peserta Gebyar PAUD Gernas Manjur.(Humas)