Blitar – Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) merupakan badan usaha yang diyakini dapat menjadi tonggak pertumbuhan perekonomian desa. Dari 200 BUMDES yang ada di Kabupaten Blitar, hanya 65 yang masuk dalam kategori BUMDES sehat. Untuk itu, bagi BUMDES yang tidak sehat, cukup sehat dan tidak aktif segera berbenah. Sehingga BUMDES dapat lebih berprestasi, menjadi motivasi untuk berkontribusi menyejahterakan masyarakat. Hal ini ditegaskan oleh Bupati Blitar, Drs. H.Rijanto, MM  saat membuka Gathering BUMDES, “ BUMDES SEHAT, MASYARAKAT SEJAHTERA”, Kamis (10/8) di Kampung Coklat.

Bupati Blitar mengingatkan, ada beberapa BUMDES yang bisa menjadi contoh bagi BUMDES yang lain, yakni BUMDES Kedung Banteng yang merupakan juara 1 Tingkat Provinsi Jawa Timur dan BUMDES Maju Makmur Minggirsari sebagai pilot project BUMDES se-Indonesia bagian Timur.  Mengingat pentingnya peran BUMDES bagi kesejahteraan masyarakat desa, Bupati Blitar kembali menegaskan agar BUMDES segera ditata. BUMDes bisa berkembang sesuai dengan fungsinya. Karena BUMDes sebagai lokomotif pembangunan ekonomi lokal tingkat desa. Bupati Blitar juga berpesan, agar pengelolaan BUMDes dikelola secara profesional dan mandiri. Sehingga diperlukan orang-orang yang memiliki kompetensi untuk mengelolanya. Bupati Blitar, juga mengungkapkan, kehadiran BNI 46 sangat penting untuk perkembangan BUMDES.

Seperti diketahui, BUMDes Maju Makmur Desa Minggirsari mewakili Provinsi Jawa Timur maju ke tingkat nasional. BUMDes Maju Makmur merupakan BUMDes dengan kategori berkembang dan partisipatif. Beberapa kegiatan BUMDes ini patut menjadi contoh antara lain, dengan modal minim bisa berkembang dan melingkupi berbagai bidang usaha antara lain, simpan pinjam yang mudah, murah dan cepat. Juga pengembangan usaha disektor pertanian. Saat itu, Prabowo, Ketua Tim Penilai dari Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi  menyampaikan apresiasi kepada BUMDes Maju Makmur. Unit usahanya sudah tepat sasaran.

Sementara itu, Mujianto, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Blitar dalam acara Gathering BUMDES menyampaikan, tujuan dari gathering ini untuk menjalin kemitraan dengan pihak lain diantaranya dengan BNI 46. Harapannya, seluruh BUMDES yang ada di Kabupaten Blitar bisa aktif lagi dengan dukungan BNI 46.

Dihadapan undangan yang hadir seperti Kepala OPD di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Blitar, Camat dan sekitar 65 Kepala Desa serta 65 Ketua BPD se-Kabupaten Blitar, perwakilan dari BNI 46, Sapta Barestu Rohii menyampaikan terima kasih  kepada Pemerintah Kabupaten Blitar. Karena telah memberi kesempatan kepada BNI 46 untuk berpartisipasi dalam mengembangkan usaha masyarakat melalui berbagai program. Ini mulai dari pendampingan sampai kredit pinjaman. Dengan demikian semangat BUMDES untuk meningkatkan kesejahteraan dan kemandirian masyarakat bisa tercipta. (Humas)