Blitar – Pendidikan anak usia dini merupakan satu diantara bentuk pendidikan yang menitikberatkan pada pertumbuhan dan perkembangan fisik, baik motorik halus maupun kasar, kecerdasan, daya cipta, kecerdasan emosi, serta kecerdasan spititual. Dalam pendidikan pra sekolah ini, selain mental, seorang anak dipersiapkan secara matang untuk bersaing, mempunyai ketrampilan tersendiri, termasuk menjadi seorang pemipin yang handal. Untuk itu, anak-anak usia dini berhak mendapat sarana pendidikan yang nyaman dan penuh kasih sayang. Atau dengan kata lain tidak boleh ada malpraktek pendidikan dalam memberikan pendidikan kepada anak khususnya pendidikan bagi anak usia dini. Hal ini disampaikan oleh Ketua Himpaudi Provinsi Jawa Timur, Imam Mahmud, S.Sos, M.Pd saat menghadiri Seminar Motivasi bertajuk Menyapa Dengan Hati di Pendopo Sasana Adhi Praja, Selasa (18/9).

Dihadapan Bupati Blitar, Drs. H.Rijanto, MM dan Bunda PAUD Kabupaten Blitar, Ny.Hj.Ninik Rijanto, Imam Mahmud juga menyampaikan apresiasi kepada Pemerintah Kabupaten Blitar yang telah mendukung kegiatan ini. Seminar motivasi ini diikuti sekitar 2000 peserta dari Guru PAUD dan wali murid, bahkan mendatangkan trainer dengan gratis yakni Yusron Aminullah, yang notabene adalah anggota BAN Akreditasi PAUD dan PNF Jawa Timur.

Sementara itu, Bupati Blitar, Drs. H.Rijanto, MM dalam sambutannya menyampaikan apresiasi kepada HIMPAUDI Kabupaten Blitar. Harapannya, kegiatan ini bisa memberikan semangat kepada Guru PAUD dalam memberikan bimbingan, kasih sayang kepada anak-anak usia dini. Mengingat anak adalah generasi penerus. Jika pendidikan dari dasarnya sudah bagus, diharapkan jenjang pendidikan berikutnya juga bagus, menjadi insan yang berkualitas. Dalam kesempatan tersebut, orang nomor satu di Kabupaten Blitar ini juga menyampaikan bahwa dukungan PAUD di Kabupaten Blitar bukan saja materi namun juga non materi. Ini terbukti dengan kehadiran Bunda PAUD Kabupaten Blitar secara langsung.

Ditempat yang sama, Bunda PAUD, Ny. Hj.Ninik Rijanto berpesan, agar membiarkan anak untuk tumbuh dan berkembang sesuai dengan tingkat perkembangannya sehingga memiliki kesiapan yang optimal didalam memasuki pendidikan dasar, sehingga perlu peran orang tua untuk memberikan pendampingan dan kasih sayang yang maksimal. Kepada para Guru PAUD Bunda PAUD juga mengharapkan agar mensitimulasi, membimbing, mengasah dan memberikan pembelajaran yang menghasilkan kemampuan dan keterampilan anak dengan optimal.Karena  kemampuan dan keterampilan anak harus diasah sejak dini. Hal ini juga disampaikan oleh Yusron Aminullah, motivator dalam kegiatan tersebut. Dia menegaskan, menstimulasi, membimbing dan mengasah kemampuan anak harus dibarengi dengan kasih sayang.

Seperti diketahui, Motivasi Menyapa Dengan Hati ini dibuka oleh Bupati Blitar ditandai dengan pemukulan gong sebanyak 5 kali, tiup lilin dan pemotongan kue. Kue disampaikan kepada Bunda PAUD Kabupaten Blitar, disaksikan oleh Anggota Komisi IV DPRD Kabupaten Blitar serta seluruh undangan yang hadir dalam acara tersebut.(Humas)