Blitar – Wakil Bupati Blitar, Marhaenis yang notabene sebagai Ketua Komda Lansia Kabupaten Blitar, secara maraton mengunjungi beberapa karang werda berprestasi, diantaranya Karang Werda Yudhistiro Desa Gondang Kecamatan Gandusari dan Karang Werda Ngudi Santoso Desa Pohgajih Kecamatan Selorejo, Hari Selasa, 14 Nopember dan 16 Nopember 2017. Kegiatan ini bertujuan sebagai tanda bakti Pemerintah Kabupaten Blitar kepada para lansia sekaligus memberikan apresisi kepada Karang Werda yang telah meraih Juara II di Tingkat Provinsi Jawa Timur. Kegiatan para lansia ini berbasis masyarakat, mulai dari pembuatan panci, kerajinan tangan dan pembuatan makanan olahan unggulan, misalnya tahu petis, keripik gadung dan peningkatan komoditi durian.

Orang nomor dua di Kabupaten Blitar tersebut juga menyampaikan bahwa, sebagai bentuk bakti sekaligus upaya mensejahterakan para lansia, Pemerintah Kabupaten Blitar memberi pelayanan dan fasilitas kepada mereka. Melalui Komda Lansia bersama dengan OPD  terkait serta organsiasi lanjut usia, juga telah berupaya meningkatkan usaha kesejahteraan lanjut usia di segala bidang. Wakil Bupati Blitar juga mengajak  seluruh komponen yang ada untuk berkomitmen membangun Kabupaten Blitar untuk mewujudkan masyarakat yang baik (good society), dimana salah satu karakteristiknya yakni menghormati nilai dan norma agama. Juga pranata-pranata sosial lainnya. Selain itu kehidupan religius, taat dalam menjalankan norma yang baik dalam kehidupan masyarakat.

Diakhir sambutannya, Wakil Bupati Blitar juga mengungkapkan rasa terima kasih kepada para lansia dalam menyambut rombongan pengurus Komda Lansia Kabupaten Blitar. Seperti diketahui,  rombongan Pengurus Komda Lansia disambut dengan pagelaran tari Mondolan langsung oleh para lansia. Selain itu, Wakil Bupati Blitar juga meninjau kegiatan seni bujang ganong dan Senam lansia serta hasil karya produk unggulan para lansia.

Pemberdayaan kegiatan para lansia di Kabupaten Blitar ada peningkatan yang cukup signifikan, mulai dari tingkat kabupaten sampai tingkat desa/kelurahan. Ini dibuktikan dengan prestasi yang diraih oleh beberapa karang werda baik tingkat provinsi maupun nasional. Seperti Karang Werda Mulyo Raharjo Desa Karangsono Kecamatan Kanigoro, Karang Werda Yudhistiro Kecamatan Gandusari dan peran Yayasan Gerontologi  Abiyoso. Mereka berperan aktif dalam kegiatan pameran, lomba  usaha ekonomi kreatif tingkat nasional. Keberhasilan ini merupakan pemacu semangat dalam rangka meningkatkan pembangunan lanjut usia dimasa mendatang agar lebih baik lagi. (Humas)