Blitar – Penyampaian penjelasan Bupati Blitar terhadap permasalahan tanah aset di Jatilengger Kecamatan Ponggok berlangsung dalam Rapat Paripurna, Rabu (17/01) di Gedung DPRD Kabupaten Blitar. Bupati Blitar, Drs. Rijanto, MM mengatakan, paripurna ini merupakan tahapan untuk menyelesaikan tanggungan permasalahan tanah aset Pemda di Desa Jatilengger Kecamatan Ponggok yang digunakan untuk perumahan. “Kegiatan paripurna ini merupakan tahapan guna menyelesaikan permasalahan tanah aset pemda yang digunakan perumahan  di desa Jatilengger Kecamatan Ponggok,” ungkap Rijanto di Gedung DPRD. Menurutnya, setelah ia menyampaikan penjelasan permasalahan, kini tinggal bagaimana persetujuan DPRD untuk tanah pengganti.

Dalam penyampaiannya, Rijanto menjelaskan ada dua rekomendasi yang perlu dilakukan, yakni melakukan pemrosesan penghapusan-penghapusan barang milik daerah mulai dari awal sesuai dengan peraturan perundang-undangan. Kemudian merekomendasikan kepada DPRD Kabupaten Blitar untuk melakukan persetujuan terhadap aset Pemkab yang ada di Jatilengger berupa tukar menukar sebagaimana peraturan undang-undang yang ada.

Sementara itu Ketua DPRD Kabupaten Blitar Suwito Saren Satoto mengatakan, setelah penjelasan Bupati tersebut pihaknya bersama pimpinan fraksi langsung melakukan rapat untuk menanggapi penjelasan Bupati. “Setelah ini kami bersama pimpinan fraksi akan melakukan rapat untuk menanggapi penjelasan Bupati tersebut,” ungkap Suwito. (RIZ-Diskominfo)