Blitar – Dalam rangka menyambut Pemilihan Gubernur Jawa Timur Pemerintah Kabupaten Blitar menggelar Apel Siaga/ Gelar Pasukan Satlinmas. Kegiatan yang menghadirkan Satuan Perlindungan Masyarakat dari 22 Kecamatan Se- Kabupaten Blitar ini dilaksanakan di Alun-alun Kanigoro Kabupaten Blitar. Selain itu, juga dirangkai dengan penyerahan bantuan perkuatan Satlinmas dan pemusnahan barang bukti Narkoba dan Miras (9/5).

Menjelang Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur Tahun 2018, Pemerintah Kabupaten Blitar berkomitmen untuk mempertahankan kondusifitas wilayahnya. Hal ini dibuktikan dengan rangkaian kegiatan yang di ikuti aupun di selenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten Blitar. Kali ini diselenggarakan Apel Siaga / Gelar Pasukan dan penyerahan bantuan perkuatan Satlinmas oleh Bupati Blitar kepada Kapolres dan Kapolresta Blitar.

Kegiatan ini ditandai dengan inspeksi pasukan oleh Bupati Blitar yang di dampingi Kapolres dan Kapolresta Blitar serta Dandim 0808. Dilanjutkan dengan penandatanganan berita acara penyerahan personil Satlinmas oleh Kapolres Blitar dilanjutkan oleh Kapolresta Blitar dan diakhiri dengan Bupati Blitar. Dengan penandatanganan ini secara resmi sebanyak 1328 personil dan 2872 Satlinmas dibawah kendali Polresta dan Polres Blitar dengan total 4200 personil.

Dalam sambutanya Bupati Blitar menyampaikan bahwa personil linmas yang diserahkan dibawah kendali operasi kepolisian ini adalah Satlinmas dari 22 Kecamatan yang terdiri atas 248 Desa/Kelurahan. Sedianya mereka akan bertugas di 6 Kecamatan yang terdiri atas 77 Desa/Kelurahan serta 658 TPS yang berada di wilayah hukum Polresta Blitar. Sedangkan, yang berada di wilayah hukum Polres Blitar sebanyak 16 Kecamatan yang terdiri atas 171 Desa/ Kelurahan dan 1420 TPS.

Lebih lanjut disampaikan orang nomor satu di Kabupaten Blitar ini bahwa upaya cipta kondisi akan berjalan dengan lancar manakala Tiga pilar dapat bersinergi dengan baik. Hal ini sejalan dengan kebijakan Pemerintah Pusat dan Pemerintah Provinsi. Demikian pula di Kabupaten Blitar upaya menjaga kondusifitas harus disuksekan oleh semua instansi, sipil maupun militer.

Apel siaga ini penting, selain karena Pemilihan Gubernur juga mendekati Bulan Ramadhan 1439 H. Dua perhelatan akbar ini harus disikapi dengan konsentrasi dan efektifitas yang tinggi. Bupati Blitar juga sangat mengapresiasi Polres Blitar yang mengadakan pemusnahan barang bukti berupa Narkoba dan Miras, dalam upaya cipta kondisi di Kabupaten Blitar. (Humas)