BLITAR KAB – Pada Rabu (12/02/2020) siang, Bupati Rijanto Drs. H. Rijanto, MM meresmikan embung dan menghadiri panen raya cabai keriting bersama kelompok tani Sari Bumi desa Kaligambir, kecamatan Panggungrejo, kabupaten Blitar.

Di lokasi kegiatan, Bupati Rijanto didampingi Aisten Pemerintah Kabupaten Blitar dan kepala dinas terkait.

Bupati Rijanto menjelaskan, peresmian embung itu menyusul kebutuhan mendesak warga setempat akan air khususnya para petani untuk keperluan irigasi. Dia menandaskan, kabupaten Blitar selatan sangat rawan kekeringan terlebih musim kemarau tiba.

“Jadi embung ini untuk menampung air hujan. Bisa menampung 5.000 kubik air. Sehingga kalau pas musim kemarau tiba, air dari embung ini bisa dimanfaatkan masyarakat, khususnya para petani. Oleh karena itu, saya mengapresiasi dinas pertanian yang mengagendakan acara ini. Dan salut buat petani yang semangatnya luar biasa,” tutur nya.

Merespon panen raya cabai keriting, Bupati Rijanto mengaku bangga dengan apa yang sudah diupayakan petani sehingga sukses memanen cabai keriting hingga dua puluh lima kali dalam satu kali tanam.

Untuk itu, dia meminta dinas terkait untuk terus mendampingi para petani supaya bisa meningkatkan hasil pertanian, termasuk komoditas cabai.