BLITAR KAB – Pemerintah Kabupaten Blitar terus berupaya maksimal untuk memastikan masyarakat dan wilayah terbebas dari wabah Virus Corona atau Corona Virus Desease Nineteen (Covid-19).

Maka demikian, Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Blitar melakukan penyemprotan Disinfektan di sejumlah Pondok Pesantren (Ponpes) di Wilayah Blitar Barat, Selasa (24/3/2020).

Ponpes tersebut yakni PP Mahyajatul Qurro’ Kunir Wonodadi, PP Al-Kamal Kunir Wonodadi, dan terakhir di PP Darur Roja’ Selokajang Srengat. Tim dari BPBD Kabupaten Blitar menyasar tempat-tempat pertemuan para santri, ruang kamar tidur, kamar mandi, pagar serta pegangan pintu.

Hadir pada acara ini, Kepala BPBD Kabupaten Blitar, jajaran Dinsos, dan Bagian Kesra Pemkab Blitar.

“Jadi ini juga menindaklanjuti arahan Bupati Blitar dalam rangka penanganan penyebaran Covid-19. Kita juga telah membentuk gugus tugas dan salah satu tugasnya ialah menyemprotkan Disinfektan di beberapa tempat publik, dan saat ini berada di kecamatan Wonodadi di salah satu Ponpes,” jelas Kepala BPBD Kabupaten Blitar Achmad Cholik.

Selain penyemprotan disinfektan juga diberikan sosialisasi kepada santri untuk disiplin menerapkan pola hidup bersih dan sehat (PHBS) sebagai langkah pencegahan Virus Corona.

“Yang penting perintah diam di rumah, jaga jarak (social distancing) harus dijaga, itu penting. Selalu melakukan kegiatan pembersihan lingkungan, bersihkan diri jika melakukan kontak menggunakan alat-alat kesehatan yang ada,” tutur Achmad Cholik