BLITAR KAB – PKK (Pemberdayaan Kesejahteraan Keluaga) Kabupaten Blitar yang diketuai oleh Hj. Ninik Rijanto menggelar puncak peringatan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke- 48 di Pendopo Ronggo Hadinegoro, Kamis (05/03/2020).

Diikuti ibu-ibu PKK baik tingkat Kabupaten, Kecamatan, Desa hingga kader Posyandu itu dihadiri Bupati Blitar Drs. H. Rijanto, MM sekaligus selaku Ketua Dewan Pembina PKK Kabupaten Blitar, mantan Bupati Blitar Herry Noegroho serta mantan Sekda Kab Blitar Palal Ali Santoso.

Bupati Blitar dalam sambutannya mengatakan, PKK memiliki peran serta dalam mensukseskan pembangunan di Kabupaten Blitar. Dia menyebut, dari berbagai bidang termasuk angka kemiskinan di Kabupaten Blitar terus menurun di angka 0,78%. Tidak hanya itu, dalam program Kesehatan angka kematian ibu dan bayi baru lahir terus mengalami penurunan, bahkan prosentase angka stunting di Kabupaten Blitar hanya 8,12 dibawah nasional dan dibawah Provinsi Jatim.

“Itu artinya program-program yang dilaksanakan oleh pemerintah daerah tepat sasaran termasuk bagaimana upaya melalui ibu-ibu PKK untuk berusaha mendampingi suami dan mendampingi pemerintah untuk mengurangi kemiskinan maupun dalam program kesehatan,” ungkap Bupati Rijanto.

Sementara itu, Ketua PKK Hj. Ninik Rijanto menyampaikan kedepan untuk peringatan HKG PK akan melakukan kegiatan yang dapat dirasakan langsung oleh keluarga-keluarga di Indonesia khususnya di Kabupaten Blitar. Sehingga tidak hanya bernuansa seremonial belaka.

“Melalui Peringatan HKG PKK seperti ini, saya menginginkan agar gerakan PKK kembali pada ruhnya yaitu sebagai gerakan masyarakat untuk pemberdayaan keluarga yang menjadi fokus kita,’ tutur istri Bupati Rijanto.