BLITAR KAB – Ditengah-tengah Pandemi Covid-19 saat ini, memenuhi gizi seimbang sangat diperlukan tubuh termasuk protein dalam ikan.

Forikan (Forum Peningkatan Konsumsi Ikan Nasional) Jawa Timur yang diketuai Arumi Bachsin Emil Dardak, saat ini sedang gencar-gencarnya mengkampanyekan Gemarikan (Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan). Gerakan ini sebagai langkah untuk meningkatkan dan terbiasa konsumsi makan ikan.

Arumi Bachsin dalam sambutannya di acara Kampanye Gemarikan yang digelar di Pendopo Ronggo Hadinegoro , Selasa (14/07/2020) mengungkapkan bahwa Kabupaten Blitar memiliki Sumber Daya Alam yang melimpah termasuk kelautan yang bisa dimanfaatkan dengan baik.

“Protein yang baik yang mudah dicerna untuk anak-anak kecil dan juga lansia yang mudah diurai didalam pencernaannya salah satunya ikan. Ikan ini pilihan paling tepat untuk mempercepat mengurangi stunting dan memperbaiki kualitas hidup dimasa lansia,” kata Arumi.

Selain itu, Arumi mengatakan dimasa Pandemi Covid-19 ini juga mengakibatkan banyak Posyandu vacum sehingga anak balita tidak terpantau stuntingnya serta banyak ibu hamil yang tidak terpantau gizinya.

“Jangan sampai corona selesai menimbulkan masalah dikemudian hari termasuk stunting yang tidak kelar-kelar. Ikan itu yang paling merakyat, ikan itu ada yang mahal ada juga yang murah sehingga pilihan untuk masyarakat-masyarakat yang tadinya bilang anaknya stunting karena masalah ekonomi InsyaAllah mboten saget lagi,” ungkapnya.

Usai menyampaikan sambutan, Arumi Bachsin langsung diajak ke Gazebo Ronggo Hadinegoro guna melihat kegiatan pemeriksaan Rapid Test bagi Kader Kesehatan di Kabupaten Blitar.

Pada acara ini, turut hadir Bupati Blitar Drs. H. Rijanto, MM, Ketua TP PKK Kabupaten Blitar Hj. Ninik Rijanto, Sekretaris Daerah Kabupaten Blitar, Drs. Totok Subihandono, M.Si serta pejabat terkait di lingkungan Pemkab Blitar beserta sejumlah kader PKK Kabupaten Blitar.