Sekretariat PPID : Jl. Raya Dandong No. 53 Srengat Blitar Telpon (0342) 555955

DESK PILKADA JATIM AKAN MELAKUKAN PENGHITUNGAN CEPAT DENGAN MEMANFAATKAN IT

Joko-Purnomo

Kepala Bidang Pengembangan IT Dinas Kominfo Propinsi Jawa Timur, Ir. Djoko Purwono, MT. mengungkapkan bahwa desk pilkada Jatim akan melakukan penghitungan cepat dengan memanfaatkan IT. Hal ini disampaikan usai memberikan sosialisasi Sistem Pelaporan Penghitungan Sementara dalam Pilgup dan Wagup Jatim tahun 2013. Menurutnya, dengan kecanggihan teknologi, untuk pelaporan penghitungan sementara nanti desk pilkada Jatim akan menggunakan metode Via SMS (SMS Gateway) yang digunakan sebagai entry data dari kecamatan melalui ponsel (sms) dan Via WEB, digunakan untuk melihat dan maintenance data yang masuk.  

Untuk SMS Gateway mekanismenya adalah camat mengirimkan data hasil penghitungan sementara setiap TPS melalui no telepon yang disiapkan khusus. Dimana camat bisa mengirimkan beberapa kali hasil penghitungan ditingkat TPS, dan terus melakukan perbaikan data hingga selesai secara keseluruhan. Data ini akan tersimpan di server sehingga ketika ada persoalan bisa dilakukan pengecekan ulang. Untuk mengantisipasi adanya blank spot akan disiapkan beberapa nomor.

Dengan real count ini, hasil pemilihan bisa diketahui lebih cepat di seluruh Jawa Timur. Lebih lanjut Djoko mengungkapkan dengan sistem ini maksimal 2 hari penghitungan versi desk pilkada Jatim sudah diketahui. Meski demikian data ini  hanya untuk internal pemerintah, bukan untuk konsumsi publik. Hal ini dilakukan untuk memonitor lancar dan tidaknya pelaksanaan Pilgub dan Wagub 2013. 

Sosialisasi dan Ketertiban Masyarakat dalam rangka pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur 2013 dihadiri sekitar 150 undangan yang terdiri dari seluruh camat Kabupaten/Kota Blitar, Kepala SKPD terkait, Kapolsek, dan Danramil. Ada 3 materi yang disampaikan, Potensi Kerawanan Gangguan KAMTIBMAS dan Prosedur Pengamanan Pelaksanaan PILGUB dan WAGUB Jawa Timur 2013 dari POLDA Jatim. Materi ke dua dari KODAM V BRAWIJAYA dengan materi Deteksi Dini dan Cegah Dini dalam Gangguan KAMTIBMAS dan Prosedur Pengamanan Pelaksanaan PILGUB dan WAGUB Jawa Timur 2013 dan materi terakhir Sosialisasi Sistem Pelaporan Penghitungan Sementara dalam rangka Pelaksanaan PILGUB dan WAGUB Jawa Timur 2013 dari Dinas Kominfo Propinsi Jawa Timur. (IR-Dishubkominfo)