Jatim siap wujudkan pemilu yang aman dan demokratis

pemilu aman dan demokratis

Jatim siap wujudkan pemilu yang aman dan demokratis.Blitar – Tahun 2019 merupakan tahun politik karena akan diselenggarakan pemilihan anggota legislatif sekaligus pemilihan Presiden dan Wakil Presiden, tepatnya atnggal 17 April 2019. Bahkan Pemilu pada 2019 ini, sangat berarti. Pasalnya, pemilihan Presiden, Wakil presiden, serta Anggota Majelis Permusyawaratan Rakyat, akan dipilih pada hari yang sama. Harapannya, pesta demokrasi ini berlangsung tertib, aman dan kondusif. Hal ini disampaikan oleh Gubernur Jawa Timur, Soekarwo pada Rapat Koordinasi Ketertiban dan Keamanan di Wilayah Provinsi Jawa Timur pada Senin (4/2/2019) di Gedung Convention Hall Grand City Surabaya.

Gubernur Soekarwo atau lebih akrab dengan sebutan Pakde Karwo ini juga mengatakan, makna pemilihan umum dalam suatu negara pada aspek Hankam adalah terciptanya situasi dan kondisi yang aman, tenteram, dan tertib. Sehingga penyelenggaraan pemerintahan dan pelayanan masyarakat tidak terganggu. Untuk itu  kunci dari kondusivitas di Jawa Timur adalah silaturahmi dan musyawarah mufakat. Dan intinya Jawa Timur Siap menhadapi Pemilu yang tertib, netral dan kondusif.

Sementara itu  Soedarmo Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum Kemendagri mengatakan, Pemilu adalah proses penguatan kehidupan demokrasi, serta upaya mewujudkan tata pemerintahan yang efektif dan efisien sehingga proses demokratisasi berjalan dengan baik, terkelola, dan terlembaga. Menurutnya, kewaspadaan dini di daerah adalah serangkaian upaya/tindakan untuk menangkal segala potensi ancaman, tantangan, hambatan dan gangguan dengan meningkatkan pendeteksian dan pencegahan dini.  Hal ini memedomani Permendagri Nomor 2 Tahun 2018, pasal 24 tentang Kewaspadaan Dini di Daerah, Kemendagri menginstruksikan kepada daerah untuk membentuk Komunitas Intelijen Daerah (Kominda) dan Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM).

Untuk diketahui, Rakor ini dihadiri 2477 peserta, terdiri dari Unsur TNI-Polri, anggota KPU-Bawaslu, dan Forkopimda Prov. Jawa Timur. (Humas)