Blitar – Wirausaha berbasis digital atau melalui online merupakan satu diantara modal untuk mengembangkan usaha. Langkah ini mendukung upaya mewujudkan visi Bupati/Wakil Bupati Blitar, Menuju Kabupaten Blitar Lebih Sejahtera Maju dan Berdaya Saing. Harapannya kedepan makin solid, berkembang dan menumbuhkan UMKM di Kabupaten Blitar.  Hal ini disampaikan oleh Wakil Bupati Blitar, Marhaenis saat launching Kampung Wirausaha Online di Desa Gogolatar Kaweron, Kecamatan Talun, Senin, 11 Maret 2019.

Orang nomor dua di Kabupaten Blitar ini juga menyampaikan apresiasi kepada kaum milenial di Kabupaten Blitar yang gigih berwirausaha. Padahal banyak anak muda masih mempunyai cita-cita menjadi Pegawai Negeri Sipil. Ini harus menjadi pemacu, spirit bagi kaum muda yang lain. Wakil Bupati Blitar juga berharap, hadirnya Kampung Wirausaha online dapat membantu meningkatkan kapasitas diri dan keterampilan warga Blitar mengenai bisnis online dan marketplace.

Sementara itu , Bima Laga, Associate Vice President of Public Policy & Government Relations Bukalapak mengungkapkan, Bukalapak sebagai salah satu perusahaan teknologi terbesar di Indonesia memiliki misi memberdayakan usaha kecil diseluruh Indonesia untuk tumbuh dan berkembang bersama Bukalapak. Untuk memberikan ruang bagi para usaha kecil dan warga Blitar dalam berkreasi serta berwirausaha.

Lebih lanjut dia menyampaikan, Kampung Wirausaha Online akan digunakan oleh Komunitas Bukalapak dan warga Blitar untuk kegiatan kelas Ngelapak, workshop, kopdar bulanan, juga pengembangan potensi untuk wirausaha perempuan . Sehingga dapat mendorong dan mendukung warga Blitar yang ingin maju dan menggunakan teknologi dalam berwirausaha online. Ini dilengkapi dengan beberapa fasilitas penunjang seperti internet gratis, ruang kerja bersama, dan pendampingan wirausaha pemula untuk menambah kehalian warga Blitar melalui berbagai pelatihan terkait berjualan online.

Ditempat yang sama, Muhammad Fikri, Head of Community Management Bukalapak Kampung Wirausaha Online mengatakan, komunitas ini akan menjadi percontohan bagi pengembangan wirausaha online di daerah yang dibina langsung oleh Komunitas Bukalapak Blitar. Ada sekitar seribu warga yang tinggal di kampung ini yang siap untuk dibina oleh anggota Komunitas Bukalapak Blitar. Komunitas Bukalapak di seluruh Indonesia selalu menanamkan nilai-nilai saling berbagi, gotong royong untuk memberikan dampak yang positif bagi masyarakat.

Dia juga menyampaikan apresiasi kepada Pemerintah Provinsi Jawa Timur yang telah mendukung pemerataan penetrasi digital di masyarakat. Untuk diketahui, saat ini Komunitas Bukalapak tersebar di 142 kota/kabupaten di seluruh Indonesia. Sedangkan untuk komunitas Bukalapak Blitar memiliki 100 anggota yang tergabung. Peresmian Kampung Wirausaha Online ini juga bertepatan dengan HUT Komunitas Bukalapak  Blitar ke-2. Komunitas Bukalapak Blitar tumbuh secara pesat dan aktif memperluas jaringan. Juga berbagi pengetahuan dan pengembangan kapasitas diri. Dalam kegiatan ini juga diintegrasikan dengan program smart city Kabupaten Blitar yakni 999 UMKM go online.

Usai launching Kampung Wirausaha Online, pihak PT. Bukalapak.com melakukan MoU atau Kesepakatan Bersama dengan Pemerintah Kabupaten Blitar. Penandatangan dilakukan langsung oleh Bupati Blitar, Drs. H.Rijanto, MM di Pendopo Agung Ronggo Hadinegoro sekitar pukul 11.00 WIB.

Dalam sambutannya, orang nomor satu di Kabupaten Blitar ini menegaskan, Pemerintah Kabupaten Blitar mendukung  wirausaha online. Ini disinergikan dengan program smart city. Disampaikan pula bahwa tujuan dari kesepakatan bersama ini untuk mengoptimalkan pengelolaan potensi sumber daya secara berkelanjutan dalam rangka mendukung pembangunan daerah secara efektif dan efisien guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat. (Humas)