Pemilih milenial cerdas

Pemilih milenial cerdas.Blitar – Tahun 2019 merupakan tahun politik.  Pasalnya tahun ini akan diselenggarakan Pemilihan anggota Legislatif dan Pemilihan Presiden/Wakil Presiden. Untuk mensukseskan pesta demokrasi ini dinataranya dengan menggunakan hak pilih, juga menjaga kondusifitas. Hal ini disampaikan oleh Wakil Bupati Blitar Marhainis Urip widodo, S.Sos saat membuka kegiatan Sosialisasi Pendidikan Politik oleh Bakesbangpol Kabupaten Blitar di Gedung Local Edukasi Center Garum, Rabu (6/2/2019).

Orang nomor dua di Kabupaten Blitar ini juga menyampaikan, sebagai generasi penerus harus menjaga situasi tetap aman dan kondusif. Ini juga dalam rangka untuk meneruskan perjuangan para pahlawan. Dalam kesempatan tersebut, Wakil Bupati Blitar juga mengingatkan, agar kaum muda harus menghindari alkohol apalagi narkoba. Untuk itu, perlu memaksimalkan pendidikan formal maupun non formal termasuk pendidikan rohani. Tujuannya, agar generi penrus menjadi generasi yang berkualitas.

Sementara itu,  Dicky Cobandono, Kepala Bakesbangpol menyampaikan, dasar dasar hukum pelaksanaan kegiatan sosialisasi politik ini adalah Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 7 Tahun 2017 tentang pemilihan umum yang; Surat Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia tanggal 17 Desember 2018 nomor 21,12,51 perihal bantuan dan fasilitasi pemerintah daerah dalam membantu kelancaran penyelenggaraan pemilihan Tahun 2019, juga Peraturan Daerah Kabupaten Blitar Nomor 16 tahun 2018 tentang anggaran pendapatan dan belanja daerah. Selain itu Keputusan Bupati Blitar nomor 188/73/11.06/2018 tentang tim koordinasi dan fasilitasi dukungan kelancaran pelaksanaan Pemilihan Umum Tahun 2019 Kabupaten Blitar. Maksud dan tujuan diselenggarakannya kegiatan sosialisasi pendidikan politik bagi pemilih pemula sebagai upaya membangun kesadaran berpolitik dan memberikan pengetahuan yang memadai bagi pemilih pemula dapat lebih aktif secara rasional dalam mengambil keputusan dan penggunaan hak politik secara sadar dan rasional. Juga pemberian edukasi politik kepada pemilih pemula mengingat para pelajar relatif paling riskan terhadap pengaruh negatif dari luar.

Untuk diketahui, Narasumber dari kegiatan tersebut Guru Besar Universitas Wisnu Wardana Malang, KPU Kab. Blitar dan Bawaslu Kab. Blitar. Acara dihadiri oleh siswa SMAN, SMKN dan MAN se Kab. Blitar sekitar  200 siswa. (Humas)