Blitar – Berdasarkan hasil evaluasi Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Kabupaten Blitar, saat mudik dan balik lebaran 2014 ini secara keseluruhan relatif lancar. Keterangan ini diungkapkan Kabid Lalu Lintas Dishubkominfo Kabupaten Blitar, Sutrisno. Menurut Sutrisno, selama mudik dan lebaran tahun ini di wilayah kabupaten Blitar dipastikan tidak ada kemacetan sama sekali. Hal ini memang sudah diantisipasi dengan melakukan rekayasa arus sehingga titik rawan kemacetan yang biasa terjadi pada tahun sebelumnya tidak terjadi pada lebaran tahun ini.

Sutrisno menambahkan, jumlah kasus kecelakaan pada pelaksanaan kegiatan mudik dan balik Lebaran 2014, mengalami penurunan apabila dibandingkan dengan tahun lalu. Jika tahun lalu ada sekitar 10 lebih kecelakaan lalu lintas, untuk tahun ini hanya terjadi 2 kecelakaan. Hal ini terjadi selain karena kesiapan dari petugas gabungan, serta semakin tingginya kesadaran masyarakat terhadap bahaya lalu lintas sehingga lebih berhati-hati saat berkendara.

Sekedar diketahui, pada Operasi Ketupat Semeru 2014, selain di operasikan 5 titik pos tetap di area Olak Alen Selorejo, Klemunan Wlingi, depan Pasar Wlingi, selatan Simpang 4 Kanigoro, dan selatan Jembatan Kanigoro. Tidak hanya pos tetap yang dioperasikan namun juga pos pantau dibeberapa titik seperti Brongkos, simpang empat Talun, Tingal Garum, dan simpang empat Tumpang. (IR-Dishubkominfo)