TPAPD (Tunjangan Perangkat Aparatur Pemerintah Desa) di Kabupaten Blitar untuk tahap pertama telah dicairkan, sedangkan TPAD tahap kedua diupayakan cair sebelum lebaran. Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Kab. Blitar, Agus Budi Handoko mengungkapkan, setelah merealisasikan pencairan TPAPD tahap pertama, yaitu TPAD untuk bulan Januari, Februari, Maret, dan April 2013, kini pencairan TPAPD tahap kedua telah memasuki proses pengajuan ke Badan Pengelola Keuangan Daerah (BPKAD). Diperkirakan pekan depan tunjangan tahunan bagi perangkat desa tersebut sudah dapat diterimakan.
Pencairan ini memang dipercepat karena bertepatan dengan momen Idul Fitri. Namun TPAPD tahap kedua ini hanya diberikan untuk 3 bulan saja, yakni Mei, Juni, dan Juli 2013. Hal ini dikarenakan jika realisasinya diterimakan untuk 4 bulan termasuk bulan Agustus, maka pencairan tidak bisa dilakukan sebelum lebaran. Untuk TPAPD tahap kedua sendiri, Bapemas merealisasikan anggaran sebesar Rp 4,161 miliar dari nilai keseluruhan yang dianggarkan melalui APBD 2013 mencapai Rp 15,6 miliar.
TPAPD di Kabupaten Blitar, tahun ini diberikan kepada 2.601 perangkat desa, dari total sebanyak 3.038. Sisanya sebanyak 437 perangkat tidak diberikan karena hingga kini posisinya masih belum terisi. (IM-Dishubkominfo)

Leave a Reply

Your email address will not be published.