Sekitar 75 kafilah dari Kabupaten Blitar dilepas oleh Wakil Bupati Blitar, H. Rijanto untuk mengikuti kejuaraan Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) Tingkat Provinsi Jawa Timur ke-25 di Surabaya. Pelepasan yang ditandai dengan pemberian jaket dan tas secara simbolis oleh Wabup ini berlangsung di Pendopo, Jumat (14/6).
Dalam sambutannya orang nomor dua di Kabupaten Blitar ini mengungkapkan, juara dalam lomba MTQ bukan sasaran utama, namun sebagai sarana untuk meningkatkan ukhuwah islamiyah, meningkatkan rohmatul lil alamin yakni ketentraman dan perdamaian dunia atau alam. Harus saling menjaga kejujuran, sportifitas, dan menjaga kesehatan selama kompetisi berlangsung. Wabup juga berpesan, para kafilah yang akan berjuang di Kota Surabaya bisa membawa pulang prestasi, mengharumkan nama Kabupaten Blitar.
Sebelumnya, Ketua Penyelenggara yang juga Kepala Bagian Kesra Kabupaten Blitar, Mahin Abdullah dalam laporannya mengatakan, acara ayang akan dimulai pada 18 Juni 2013 di Lapangan Tambaksari Surabaya tersebut juga akan diwarnai dengan pawai taaruf dari berbagai daerah peserta MTQ ke-25, juga pameran UMKM. (humas)