Blitar – Tahun ini, Pemerintah Kabupaten Blitar akan menambah luas lahan tebu di wilayah Kabupaten Blitar hingga mencapai 6.500 Ha. Demikian diungkapkan Kepala Dinas Kehutanan dan Perkebunan Kab. Blitar, Supandi. Menurut Supandi, penambahan kawasan lahan tebu tersebut rencananya merata hampir di semua kecamatan, dimana dari luas lahan tebu Kab. Blitar yang mencapai 5.500 ha, akan ada penambahan 6.500 ha. Dengan perluasan area tanaman tebu tersebut, maka pemerintah juga akan meningkatkan target produksi tebu tahun ini, dari yang semula 90 ton/ha menjadi 100 ton/ha.

Supandi yakin peningkatan target produksi tebu tersebut akan menguntungkan petani, sebab pemerintah pusat menghentikan pengiriman gula impor sampai akhir tahun 2014, sehingga produksi gula lokal diprediksi meningkat. Hal ini akan berimbas pada naiknya kebutuhan pasokan tebu dari petani. Kondisi ini berbanding terbalik dengan tahun lalu, dimana petani kesulitan memasarkan hasil panen tebu karena mendapat penolakan dari sejumlah Pabrik Gula skala besar.

Hingga tahun 2014 ini, Pemkab. Blitar sudah menjalin kerjasama pemasaran panen tebu dengan 3 Pabrik Gula antara lain PG Kebon Agung, PG Mojopanggung, dan PG Ngadiredjo. (IM-Dishubkominfo)