Blitar – Setiap Bulan Suci Ramadhan, Pemerintah Kabupaten Blitar selalu menggelar Nuzulul Qur’an. Ini  selain sebagai agenda rutin tahunan setiap datangnya bulan penuh berkah , juga sebagai pengingat bahwa Kabupaten ini sebentar lagi akan memperingati HUT ke-691. Kegiatan yang berlangsung di Pendopo Ronggo Hadinegoro, Senin (6/7)  tersebut dihadiri oleh Wakil Bupati Blitar,  Anggota Forpimda, serta sejumlah Kepala SKPD.  Bupati Blitar, H.Herry Noegroho dalam sambutannya mengungakapkan, Al Qur’an merupakan inti dari berbagai ilmu pengetahuan. Melalui momentum Nuzulul Quran ini,diharapkan semua peristiwa di masa lalu itu dibangkitkan melalui perenungan. Sehingga ada kesamaan konteks ketika al-Quran diturunkan pertama kali dengan kondisi terkini.. Dengan bantuan ilmu pengetahuan dan agama, peristiwa Nuzulul Quran yang terjadi beberapa abad yang lalu menjadi sesuatu yang berkesinambungan hingga kini.

Sementara itu, Dr.KH. Muhammad Najib dari Kecamatan Kesamben dalam Tausiyahnya mengatakan, Al Qur’an sebagai petunjuk bagi kehidupan manusia, pencerah dan pemberi cahaya bagi umat. Sehingga Al Qur’an mempunyai kedudukan yang sangat penting.

Peringatan Nuzulul Qur’an yang juga dihadiri oleh PNS di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Blitar ini diawali dengan Sholat Isya’ dan tarawih berjamaah. Kemudian disusul dengan tausiyah.( Humas )