Peduli HAM, Pemkab Blitar Raih Piagam Penghargaan Dari Kemenkumham

Peduli HAM, Pemkab Blitar Raih Piagam Penghargaan Dari Kemenkumham. Blitar – Pemerintah Kabupaten Blitar kembali meraih prestasi. Kali ini tepatnya Selasa 11 Desember 2018 di Graha Pengayoman, Pemkab. Blitar menerima penghargaan tersebut  dari Kemenkumham. Anugerah piagam penghargaan  diserahkan secara simbolis oleh Menkumham kepada Gubernur dan selanjutnya kepada kabupaten/ kota. Pemberian penghargaan ini bertepatan dengan peringatan Hari HAM sedunia.

Hadir dalam acara tersebut Wakil Presiden Yusuf Kalla.Dalam sambutannya orang nomor dua di Indonesia ini menyampaikan selamat kepada  kabupaten/kota. Diharapkan pengharhaan tersebut menjadi penyemangat bagi kemajuan HAM di daerah.

Untuk diketahui, anugerah ini diberikan kepada daerah-daerah  yang dinilai secara sungguh-sungguh dan konsisten membangun serta memajukan, pemenuhan HAM di daerah masing-masing.

Penghargaan tersebut terdiri dua katagori yaitu daerah CUKUP PERDULI HAM dan daerah PEDULI HAM. Untuk dapat ditetapkan sebagai Kabupaten Peduli HAM, masing-masing daerah harus memenuhi 7 kelompok Hak, yang didasarkan pada 83 indikator penilaian sebagaimana diatur dalam Peraturan Menteri Hukum dan HAM No. 34/2016 tentang Kriteria Penilaian Kabupaten/Kota Peduli HAM. Ketujuh klompok pemenuhan HAK  itu meliputi: Hak atas Kesehatan, Pendidikan, Perlindungan Perempuan dan Anak, Kependudukan, Pekerjaan, Perumahan yang layak, dan Lingkungan yang berkelanjutan.

Bupati Blitar Drs.H.Rijanto, MM menyampaikan rasa bangga terhadap penghargaan tersebut. Harapannya penghargaan ini menjadi pemacu untuk lebih peduli terhadap HAM. (Humas)