BLITAR KAB – Kabupaten Blitar terpilih menjadi salah satu peserta Bimbingan Teknis Aplikasi Sideka-NG (Sistem Informasi Desa dan kawasan- Next Generation) Denpasar bersama dengan enam Kabupaten lainnya di wilayah Jawa – Bali. Acara tersebut dibuka oleh Tenaga Ahli Utama Deputi 2 Kantor Staf Presidenan, Agung Hardjono.

Kegiatan ini diikuti oleh 27 peserta yang merupakan perwakilan dari Dinas Kominfo, DPMD, dan perwakilan desa terpilih. Untuk Kabupaten Blitar, desa yang dipilih oleh Kantor Staf Presiden adalah Desa Serang Kecamatan Panggungrejo dan Desa Sukosewu Kecamatan Gandusari.

Bimbingan teknis tersebut diselenggarakan oleh Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) Kementerian Komunikasi dan Informatika di The Anvaya Beach Bali Hotel, Denpasar Bali yang berlangsung selama dua hari yakni mulai tanggal 25-26 November 2020.

Aplikasi Sideka-NG merupakan aplikasi yang dibangun Kementerian Kominfo untuk meningkatkan pelayanan dan transformasi digital bagi pemerintah desa serta mendorong tata kelola desa melalui pemanfaatan TIK.

Dalam sambutannya Agung menambahkan, aplikasi Sideka-NG merupakan wujud implementasi Perpres SPBE dan Satu Data yang berujuan untuk mewujudkan tata Kelola pemerintahan yang bersih, efektif, transparan, akuntable, pelayanan publik yang berkualitas dan terpercaya serta menyatukan aplikasi pelaporan-pelaporan seluruh kementerian yang selama ini diisi oleh desa untuk mewujudkan Satu Data Indonesia.