BLITAR KAB – Wakil Bupati Blitar H. Rahmat Santoso didampingi Sekda Kabupaten Blitar, Kepala Dinas Parbudpora, dan Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Blitar menghadiri acara Parade Dalang Bocah Provinsi Jawa Timur Tahun 2022 yang bertempat di halaman Diorama Penataran Kecamatan Nglegok pada hari Minggu, 26 Juni 2022 dan dihadiri juga oleh Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Timur Sinarta, S.Kar,. MM. Kegiatan ini terselenggara atas kerjasama Pemerintah Kabupaten Blitar dan Pemerintah Jawa Timur untuk peningkatan kreatifitas Pakeliran Bocah Tahun 2022.

Orang nomor dua di Kabupaten Blitar ini menyampaikan Wayang merupakan salah satu pilar utama seni budaya Adi Luhung dan mengandung banyak pelajaran, fatwa dan simbol-simbol yang menjadi nilai hidup dan moral bangsa Indonesia, terutama masyarakat Jawa. Untuk itu Festival atau Parade Dalang Bocah maupun perlu dikembangkan secara berkelanjutan agar semakin banyak anak – anak yang mencintai budaya tradisional terutama wayang kulit.

Makdhe Rahmat juga mengapresiasi dan berterima kasih kepada Pemerintah Provinsi Jawa Timur karena parade Dalang Bocah ini diadakan di Kabupaten Blitar. Sehingga banyak dari Kabupaten / Kota bisa mengenal Kabupaten Blitar lebih dalam dan juga memajukan budaya lokal dan berimbas kepada aktifitas perekonomian dengan adanya pagelaran wayang kulit yang disaksikan orang banyak.

Parade Dalang Bocah ini menampilkan dalang dari Tulungagung, Ponorogo, Madiun, Mojokerto, Kota Surabaya dan Kabupaten Blitar. Makdhe Rahmat dan Kepala Dinas Budpar Jatim juga berkesempatan menyerahkan piagam dan hadiah kepada dalang terbaik yang ikut serta pada Parade Dalang Bocah Tahun 2022.